Cerita Wasit Anthony Taylor saat Christian Eriksen Kolaps di Piala Eropa 2020

Rio Erfandi, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 03:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 51 2450791 cerita-wasit-anthony-taylor-saat-christian-eriksen-kolaps-di-piala-eropa-2020-17z4jeL9FB.jpg Christian Eriksen saat menjalani latihan. (Foto: Reuters)

MANCHESTER – Wasit asal Inggris, Anthony Taylor, menyaksikan langsung kondisi menegangkan kala Christian Eriksen mengalami kolaps di tengah pertandingan Piala Eropa 2020. Menjadi wasit yang memimpin laga kala itu, Anthony Taylor pun berbagi cerita soal momen tersebut.

Anthony Taylor menceritakan situasi pemain Tim Nasional (Timnas) Denmark, Christian Eriksen, saat mengalami kolaps di lapangan pada laga konra Finlandia di Piala Eropa 2020. Itu menjadi momen yang menegangkan.

Christian Eriksen

Taylor bahkan menyebut kejadian itu sebagai insiden membahayakan. Insiden sendiri berawal dari Eriksen yang tiba-tiba terjatuh setelah menerima bola lemparan ke dalam dari rekan setimnnya.

Kapten Timnas Denmark, Simon Kjaer, menjadi salah satu orang yang menghampiri dan memberikan pertolongan pertama kepada Eriksen. Anthony Taylor pun berbegas melambaikan tangan agar tim medis segera masuk ke lapangan.

BACA JUGA: Christian Eriksen Bakal Jalani Tes Medis di Inter Milan Pekan Depan

Selama tim medis memberikan perawatan kepada Eriksen, rekan setimnya berdiri mengelilingi untuk menutupi proses tersebut agar tidak disorot oleh penonton maupun dari kamera media. Butuh waktu beberapa lama sampai akhirnya Eriksen dibawa keluar lapangan dengan memakai tandu dan mendapatkan perawatan lanjutan.

"Saya bisa langsung tahu. Christian sendirian. Satu-satunya hal yang dekat dengannya adalah bola memantul yang mengenai lututnya,” ucap Taylor, kepada BBC, dilansir dari Goal Internasional, Kamis (5/8/2021).

BACA JUGA: Suporter Timnas Inggris di Final Piala Eropa 2020 Barbar, UEFA Siapkan Hukuman

"Saya sebenarnya melihat langsung ke arahnya ketika dia jatuh. Saya bisa melihat wajahnya saat dia jatuh. Saya langsung tahu ada yang tidak beres karena bagaimana wajahnya terlihat dan bagaimana dia jatuh ke tanah. Itu yang paling membuat saya khawatir,” lanjutnya

“Prioritas utama saya adalah keselamatan para pemain. Artinya, jika seorang pemain cedera atau tidak sehat, mereka membutuhkan bantuan medis,” imbuhnya.

“Hanya itu yang saya lakukan. Saya memanggil dokter ke lapangan. Pahlawan sebenarnya pada malam itu adalah kapten Denmark dan petugas medis yang melakukan CPR dan defibrilasi awal,” ucapnya.

Setelah mendapat perawatan medis lebih lanjut di rumah sakit, kondisi Eriksen kian stabil dan mulai bisa berbicara. Pertandingan Denmark melawan Finlandia yang sempat dihentikan sejenak pun akhirnya tetap dilanjutkan.

Taylor mengatakan laga dilanjutkan usai Eriksen meyakinkan para pemain lewat sambungan telefon kepada rekan setimnya.

Christian Eriksen

"Segera setelah menyerahkan tim ke Christian, semua orang masih mendatangi saya sebagai wasit pertandingan untuk apa yang kita lakukan selanjutnya,” jelas Taylor.

“Apakah permainan berlanjut? Apa yang harus kita lakukan? Berapa lama kita menunggu? Itu adalah tugas saya bersama dengan delegasi UEFA. Bahkan setelah situasi awal yang tidak menguntungkan itu, saya masih memiliki banyak hal yang harus dilakukan dalam hal mengelola emosi semua orang di sana,” lanjutnya.

"Saya pernah mengalami itu sebelumnya. Saya benar-benar perlu mempertimbangkan asisten saya dan ofisial keempat saya tetapi pada saat itu, ketika kami membawa para pemain ke dalam, saya tidak dengan orang-orang ini,” imbuhnya.

Akhirnya ketika laga dilanjutkan, Denmark harus mengakui keunggulan Finlandia skor 0-1. Finlandia memastikan kemenangan berkat gol Joel Pohjanpalo pada menit ke-59.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini