5 Pesepakbola Bintang yang Bela Satu Klub Sepanjang Karier, Nomor 1 Calon Peraih Trofi Ballon dOr

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 51 2447873 5-pesepakbola-bintang-yang-bela-satu-klub-sepanjang-karier-nomor-1-calon-peraih-trofi-ballon-dor-CQQRUDJVBh.jpg Paolo Maldini saat membela AC Milan. (Foto: Reuters)

KIPRAH sejumlah pesepakbola dunia kerap jadi sorotan. Sebab, tak jarang, ada perjalanan fantastis yang diukir para pesepakbola dunia hingga membuat namanya jadi tersohor.

Salah satu karier fantastis itu pun diukir beberapa pesepakbola hanya dalam satu klub saja. Kesetiaan mereka membuatnya ogah untuk hijrah ke klub lain hingga akhirnya memutuskan pensiun.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola Tua yang Nikahi Perempuan Seksi, Nomor 1 Terpaut 21 Tahun!

Siapa saja pemain yang melakukan hal tersebut? Berikut lima pesepakbola bintang yang bela satu klub sepanjang karier.

BACA JUGA: 4 Pesepakbola Ceritakan Alasan Jadi Mualaf, Nomor 1 Gara-Gara Belajar Solat

5. Paul Scholes

Salah satu pesepakbola bintang yang bela satu klub sepanjang kariernya ialah Paul Scholes. Klub yang beruntung bisa terus merasakan jasa Paul Scholes adalah Manchester United.

Scholes telah dianggap sebagai salah satu gelandang terhebat dalam sejarah sepakbola Inggris. Dia pun memutuskan menunjukkan kinerja fantastisnya itu di Man United selama lebih dari dua dekade.

Paul Scholes

Pada usia 16 tahun, Paul Scholes secara resmi bergabung dengan akademi muda Manchester United. Dia pun melakukan debut tim seniornya hanya berselang tiga tahun kemudian. Laga debutnya dilakukan dengan menghadapi Port Vale dalam pertandingan Piala Liga.

Dalam beberapa dekade berikutnya, Paul Scholes meraih 11 gelar Liga Inggris, dua trofi Liga Champions, empat medali pemenang Piala FA, tiga gelar Piala Liga, dan penghargaan Piala Dunia Klub. Tak ayal, dia memperoleh status legendaris di antara pemain setia Manchester United.

4. Steven Gerrard

Berikutnya, ada nama Steven Gerrard. Dia gelandang produktif lainnya yang juga memilih setia dengan satu klub di sepanjang kariernya. Gerrard melakukannya bersama Liverpool.

Gerrard memilih setia dengan Liverpool, meski kondisi di klub kerap tak stabil. Dia pun sempat mendapat beberapa tawaran dari klub-klub besar, seperti Chelsea dan Real Madrid. Tetapi, Steven Gerrard memilih bertahan dengan klub masa kecilnya.

Steven Gerrard

Dia di sana seelama 17 tahun dan sukses tampil mengesankan. Dalam 710 penampilan untuk klub, Gerrard mencetak 186 gol dan 145 assist. Catatan ini membuatnya menjadi legenda Liverpool dan salah satu sosok terbesar dalam sejarah klub yang termasyhur.

Meskipun gagal mendulang gelar juara Liga Inggris, Gerrard meraih kesuksesan lainnya. Dia mengangkat trofi Liga Champions, dua gelar Piala FA, tiga Piala Liga, satu Piala Super UEFA, dan Liga Eropa.

3. Paolo Maldini

Di urutan ketiga, ada nama Paolo Maldini. Bek tengah Italia ini dianggap sebagai salah satu pemain belakang terhebat dalam sejarah. Pada usia 17 tahun, Paolo Maldini mendaftar ke tim muda AC Milan dan dengan cepat naik level.

Paolo Maldini

Maadrini pun mencatatkan 902 penampilan luar biasa untuk Rossoneri -julukan Milan. Maldini seperti kekuatan tak tergoyahkan di lini belakang Milan dan membentuk salah satu kemitraan pertahanan paling mematikan di dunia sepakbola, bersama Franco Baresi.

Selama 25 tahun bersama klub masa kecilnya itu, Maldini memenangkan 26 trofi! Di antaranya, ada tiga trofi Liga Champions, dua gelar Piala Klub Eropa, tujuh gelar Liga Ialia, empat Piala Super UEFA, hngga lima Piala Super Italia.

2. Francesco Totti

Selanjutnya, ada nama Francesco Totti. Dia salah satu pemain sepakbola paling legendaris. Francesco Totti menghabiskan 25 tahun karier profesionalnya di AS Roma.

Francesco Totti

Dia tampil di 786 penampilan, menghasilkan 307 gol! Totti juga merupakan pencetak gol terbanyak AS Roma hingga saat ini. Dia pun terbukti menjadi salah satu pesepakbola paling setia dalam sejarah sepakbola, setelah menolak tawaran dari beberapa klub besar, seperti Real Madrid dan Manchester United.

Totti berada di puncak kekuatannya pada musim 2006-2007 dengan mencetak 32 gol dan 15 assist untuk musim ini. Setelah memenangkan Sepatu Emas Liga Italia dan Sepatu Emas Eropa pada musim itu, Totti memiliki pilihan untuk pindah ke klub Eropa yang lebih besar. Meski begitu, dia tetap setia pada klub yang dicintai sejak masa kecilnya.

1. Lionel Messi

Terakhir, ada nama Lionel Messi. Pemain yang satu ini memilih setia dengan Barcelona. Messi menjadi pemain kedua yang mencatat 700 penampilan untuk Barcelona. Dia menjadi pemegang rekor penampilan terbanyak, yakni 778 laga, dengan seragam Barcelona.

Selama di Camp Nou, Lionel Messi telah memenangkan setiap trofi utama yang diperebutkannya di level klub, termasuk 10 gelar Liga Spanyol, empat trofi Liga Champions, tujuh Copa del Rey, tiga Piala Dunia Antarklub, dan delapan Piala Super Spanyol.

Lionel Messi

Sang maestro Argentina itu juga memainkan peran yang tak tergantikan dalam tim pemenang di bawah asuhan Josep Guardiola. Sayangnya, masa depan Messi di Barcelona kini tengah diterpa beragam rumor.

Dia belum memperpanjang kontranya yang sudah habis sejak Juni 2021. Tetapi, laporan menyebu bahwa Lionel Messi akan tetap bertahan. Dia bahkan bersedia mengambil pemotongan gaji sebesar 50% untuk mengurangi tekanan finansial Barcelona.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini