3 Pemain Indonesia di Bawah 17 Tahun yang Miliki Harga Paling Mahal, Nomor 1 Capai Miliaran Rupiah

Rifqi Herjoko, Jurnalis · Rabu 28 Juli 2021 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 49 2447080 3-pemain-indonesia-di-bawah-17-tahun-yang-miliki-harga-paling-mahal-nomor-1-capai-miliaran-rupiah-QNIZpe0r2Q.jpg Ronaldo Kwateh saat berlatih bersama Madura United. (Foto: Madura United)

SEJUMLAH pemain Indonesia yang berusia di bawah 17 tahun, berhasil tampil memikat di usia muda. Alhasil, mereka sempat dipercaya membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 dan diprediksi akan membela Timnas Indonesia U-19 dalam waktu dekat.

Selain membela tim nasional kelompok umur, pemain-pemain yang dibahas di bawah ini juga menembus skuad senior di timnya. Karena itu, harga pasar mereka pun melonjak.

Menurut laman transfermarkt, pemain-pemain yang dibahas di bawah ini memilik harga pasar yang lumayan tinggi. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 3 Pemain Indonesia di Bawah 17 Tahun yang Miliki Harga Paling Mahal:

3. Alexandro Kamuru (Barito Putera – 25 Ribu Euro/Rp428,3 Juta)

Alexandro Kamuru

(Alexandro Kamuru bersama Ketum PSSI, Mochamad Iriawan)

Alexandro Kamuru merupakan produk asli akademi Barito Putera. Dia adalah pemain termuda di daftar ini. Sosok kelahiran Sorong ini berposisi sebagai bek kiri. Pandemi yang melanda Indonesia membuat Alexandro Kamuru harus menunda debutnya di level klub maupun timnas kelompok umur.

"Saya dari usia 9 tahun sudah menyukai dan memainkan sepak bola. Oleh karena itu, saya bercita-cita menjadi pesepakbola yang andal," buka pemain kelahiran 19 Agustus 2005 ini dengan riang sambil meneguk air putih.

Pemain berusia 15 tahun yang memperkuat timnas U-16 di bawah pelatih Bima Sakti itu telah dipromosikan ke tim utama Barito. Dengan demikian, kita hanya tinggal melihat aksinya di lapangan hijau. Adapun nilai pasarnya sebesar 25 ribu euro (Rp428,3 juta).

BACA JUGA: 5 Pemain Indonesia Paling Mahal yang Berkarier di Luar Negeri, Nomor 1 Hampir Rp6 Miliar!

"Namun sejak lahir saya sudah ditinggal oleh ayah dan beberapa tahun lalu ibu saya juga meninggal. Itu membuat saya sedih, namun saya harus kuat dan ikhlas," tambahnya dengan mata nanar dan menerawang k eatas langit.

2. Ronaldo Kwateh (Madura United – 50 Ribu Euro/Rp856,6 Juta)

Ronaldo Kwateh

(Ronaldo Kwateh (kanan) saat berlatih bersama Madura United)

Meski namanya terdengar seperti pemain asing, Ronaldo Kwateh merupakan pemain kelahiran Yogyakarta. Dia berposisi sebagai penyerang sayap. Saat ini, pemain muda tersebut tengah memperkuat klub yang berbasis di Bangkalan, Madura United. Ronaldo merupakan putra dari mantan pemain asing Roberto Kwateh.

Roberto Kwateh adalah pemain asal Liberia yang pernah memperkuat Deltras Sidoarjo, dan kemudian menikah dengan perempuan asal Indonesia.. Kemudian, Ronaldo yang berusia 16 tahun mengawali kariernya di akademi Persib Bandung sebelum hijrah ke Madura.

Ronaldo telah mencatatkan tiga penampilan bersama Madura United di Piala Menpora 2021. Kepercayaan yang diberikan pelatih Rahmad Darmawan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi nilai pasarnya. Saat ini, Ronaldo bernilai 50 ribu euro (Rp856,6 juta).

Dia menargetkan bisa mencatatkan debut di Liga 1 musim ini. Diketahui, ini klub profesional Ronaldo pertama kali. Sebelumnya, dia sebatas bermain di kelompok usia dan berkompetisi di Elite Pro Academy (EPA).

Guna memuluskan mimpinya, Ronaldo telah bersemangat dalam latihan bersama Slamet Nurcahyo dan kawan-kawan. “Ingin sekali bermain pertama kali di Liga 1 ini. Ini level yang tinggi. Saya sudah bersiap bersama klub. Ingin sekali saya mendapatkan kesempatan itu,” ungkapnya.

1. Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya – 75 Ribu Euro/Rp1,28 Miliar)

Marselino Ferdinan

(Marselino Ferdinan (10) saat bela Timnas Indonesia U-16)

Marselino Ferdinan merupakan pemain dari klub asal Jawa Timur, Persebaya Surabaya. Pemain yang berposisi gelandang serang itu merupakan produk asli akademi milik Bajul Ijo. Pemain berusia 16 tahun itu telah mengoleksi dua penampilan bersama tim senior di Piala Menpora 2021.

Meski usianya masih muda, sang pemain dipercaya pelatih Aji Santoso tampil sebagai starter. Adik kandung dari winger Persebaya Surabaya, Oktafianus Fernando ini teken kontrak bersama Persebaya Surabaya pada 10 Juni 2021, dengan durasi tiga musim.

Pemain kelahiran Jakarta itu disebut memiliki nilai pasar 75 ribu euro (Rp 1,28 miliar). Saat teken kontrak, anggota pemain timnas U-16 itu melakukan tanda tangan kontrak dengan didampingi ayahnya, Philipus Wio Roja. Dia baru genap berusia 17 tahun pada 9 September 2021 mendatang.

Sebagai pemain depan, penampilan Marselino memang luar biasa. Dia berkembang di kompetisi internal Persebaya, kemudian menarik perhatian saat Pro Elite Academy, puncaknya adalah membela Timnas U-16 asuhan Bima Sakti. Sejak saat itu, dia menjadi perhatian banyak pelatih

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini