5 Pemain Indonesia Paling Mahal yang Berkarier di Luar Negeri, Nomor 1 Hampir Rp6 Miliar!

Rifqi Herjoko, Jurnalis · Selasa 27 Juli 2021 04:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 51 2446405 5-pemain-indonesia-paling-mahal-yang-berkarier-di-luar-negeri-nomor-1-hampir-rp6-miliar-EB4GwL8IIw.jpg Asnawi Mangkualam (kanan), pemain Indonesia yang membela klub Liga Korea Selatan, Ansan Greeners. (Foto: Instagram/@asnawi_bhr)

SEJUMLAH pemain Indonesia berkarier di luar negeri. Bermain di luar negeri, terlebih jika mendapatkan status inti dan tampil gemilang, otomatis meningkatkan nilai pasar mereka.

Laman transfermarkt pun mencantumkan harga pasar sejumlah pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri. Dari sekian nama, siapa pemain Indonesia paling mahal yang berkarier di luar negeri?

Berikut 5 pemain Indonesia paling mahal yang berkarier di luar negeri:

5. Witan Sulaeman (Radnik Surdulica – 50 Ribu Euro/Rp855 Juta)

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman saat ini membela Radnik Surdulica, klub asal Serbia yang mentas di kasta teratas. Hanya saja Witan jarang mendapat menit bermain yang banyak.

Selama 1,5 tahun membela Radnik, Witan Sulaeman hanya tampil sebanyak lima kali. Tak heran, harga pasar Witan menurut transfermarkt hanya di angka 50 ribu euro atau setara Rp855 juta.

4. Egy Maulana Vikri (Tanpa Klub – 150 Ribu Euro/Rp2,6 Miliar)

Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri yang baru saja menyudahi perjalanannya bersama klub Polandia, Lechia Gdansk, bukanlah yang termahal. Nilai pasar Egy Maulana Vikri ditaksir hanya berkisar 150 ribu euro (Rp2,6 Miliar).

BACA JUGA: 5 Pemain Indonesia di Luar Negeri yang Lepas dari Sorotan, Nomor 1 Cari Uang di Spanyol

Di musim panas ini, Egy Maulana Vikri sempat dikaitkan dengan klub asal Norwegia. Karena itu, menarik menanti klub mana yang akan dibela Egy Maulana Vikri musim depan.

3. Ryuji Utomo (Penang FA – 175 Ribu Euro/Rp2,99 Miliar)

Ryuji Utomo

Ryuji Utomo saat ini berada di puncak kariernya. Pemain berusia 26 tahun itu tengah dipinjamkan ke klub Malaysia, Penang FA.

Sejak didatangkan pada Desember 2020, Ryuji cukup banyak diberikan kesempatan oleh klub Liga Super Malaysia tersebut untuk beraksi di lapangan hijau. Sang pemain mencatatkan delapan penampilan bersama Harimau Kumbang. Adapun nilai pasar Ryuji saat ini sebesar 175 ribu euro (Rp2,99 Miliar).

2. Saddil Ramdani (Sabah FA – 250 Ribu Euro/Rp4,2 Miliar)

Saddil Ramdani

(Saddil Ramdani (kiri)

Saddil Ramdani didatangkan Sabah FA dari Bhayangkara FC pada Februari 2021. Belum ada semusim membela The Rhinos, sang penyerang sayap itu menunjukkan penampilan yang menjanjikan. Tercatat, dia telah mengoleksi sepuluh penampilan dan mencetak tiga gol.

Atas performa impresifnya, baru-baru ini langganan Timnas Indonesia tersebut disodori perpanjangan kontrak oleh Sabah FA. Adapun harga pasarnya saat ini mencapai 250 ribu euro (Rp4,2 Miliar).

1. Asnawi Mangkuaalam (Ansan Greeners – 350 Ribu Euro/Rp5,98 Miliar)

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam resmi bergabung dengan klub asal Korea Selatan, Ansan Greeners, pada Februari 2021. Dia dikontrak selama satu musim dengan opsi perpanjangan. Nilai pasar Asnawi sendiri cukup fantastis, yakni mencapai 350 ribu euro (Rp5,98 Miliiar).

Meski baru beberapa bulan di sana, bek kanan andalan Timnas Indonesia ini telah mencatatkan Sembilan penampilan dengan satu assist. Catatan itu sebenarnya cukup bagus, pertanda pemain berusia 21 tahun itu diberikan kepercayaan lebih oleh klub Liga 2 Korea Selatan tersebut.

Terbaru, Asnawi hampir saja mencetak gol perdana bersama Ansan Greeners saat bersua Gimcheo Sangmu di lanjutan K-League 2, Sabtu 24 Juli 2021. Sayangnya, saat itu Asnawi Mangkualam yang maju sebagai eksekutor penalti gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini