5 Pemain Indonesia di Luar Negeri yang Lepas dari Sorotan, Nomor 1 Cari Uang di Spanyol

Firda Rahmawan , Jurnalis · Senin 26 Juli 2021 21:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 51 2446384 5-pemain-indonesia-di-luar-negeri-yang-lepas-dari-sorotan-nomor-1-cari-uang-di-spanyol-sV5v8vNafy.jpg Khairul Imam Zakiri saat membela Timnas Indonesia U-19. (Foto: Instagram/@zakiri8)

SEJUMLAH pemain Indonesia yang bermain di luar negeri lepas dari sorotan. Nama-nama pemain yang akan dibahas di bawah ini kalah besar ketimbang Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman atau Saddil Ramdani yang juga berkarier di luar Indonesia.

Meski begitu, sejatinya nama-nama yang dibahas ini juga tidak kalah potensi. Jika terus mengasah kemampuannya, bukan tak mungkin nama-nama ini bisa membela klub top dunia, atau membela Tim Nasional (Timnas) Indonesia suatu hari nanti. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 5 pemain Indonesia di luar yang lepas dari sorotan:

5. Khuwailid Mustafa (Qatar SC)

Khuwalilid Mustafa

Nama pemain ini sempat ramai diperbincangkan pada awal 2021, setelah beredar kabar bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tengah memantau bakatnya. Sejatinya, Khuwailid bukanlah pemain yang baru berkarier di Qatar.

Pemain yang kini berusia 21 tahun itu sebetulnya sudah pindah ke Qatar sejak usia lima tahun, diajak oleh orang tuanya. Khuwailid menimba ilmu sepa bola sedari usia belianya yang berada di Qatar.

Dimulai saat bergabung dengan Al-Duhail U-19, dan berhasil mengantarkan klub tersebut melaju ke final Piala Liga Golden Box. Atas penampilan bagusnya, Khuawailid lantas dipanggil ke tim senior Al-Duhail. Namun, dirinya belum pernah bermain sejak berada di bangku senior. Demi mendapatkan menit tampil, pemain berusia 21 tahun itu pindah untuk memperkuat Qatar SC.

4. Muhammad Reza Kusuma (NHK Primorac)

Muhammad Reza Kusuma

Pemilik nama Muhammad Reza Kusuma ini tengah menimba ilmu di klub Liga 3 Kroasia, yakni NHK Primorac. Pemain berusia 21 tahun itu sejatinya telah memperkuat klub asal Balkan itu sejak November 2020.

Selama memperkuat NHK Primorac, Muhammad Reza Kusuma berhasil tampil sebagai starter sebanyak tiga kali. Serta berhasil membuat klub Liga 3 itu menempati posisi ke-9 kelasemen dari 17 tim yang berkompetisi. Tentunya ini adalah prestasi Reza yang sangat membanggakan, mendapat kepercayaan membela tim di Benua Eropa.

3. Natanael Siringoringo (Kelantan FA)

Natanael Siringoringo

Selanjutnya ada Natanael Siringoringo. Pemain berusia 22 tahun itu kini sedang membela klub asal Malaysia, Kelantan FA. Sejatinya, Natanael juga pernah bermain untuk klub Liga 2, seperti PSMS Medan dan juga Sulut United.

Selama memperkuat klub berjuluk Ayam Kinantan itu Natanael tampil apik dengan membawa klubnya lolos ke babak delapan besar Liga 2, namun akhirnya gagal tembus ke Liga 1. Kini dirinya memutuskan untuk hijrah ke Negeri Jiran, dengan memperkuat Kelantan FA setelah kompetisi Liga di Indonesia belum mengalami kejelasan

2. Ilham Yuda (CD Estepona)

Ilham Yuda

Ilham Yuda memperkuat klub CD Estepona yang tengah berlaga di kasta keempat Liga Spanyol. Sejatinya, pemain 18 tahun itu telah menandatangani kontrak bersama klub tersebut sejak Desember 2020. Ia sempat bergabung dengan akademi Malaga FC pada Mei 2020.

Dengan bergabungnya ke klub CD Estepona, tercatat sudah ada dua pemain sepak bola Indonesia yang berkarier di negara Spanyol. Yaitu Ilham Yuda dan Khairul Imam Zakiri yang kini berkostum CP Villarrobledo.

1. Khairul Imam Zakiri (CP Villarrobledo)

Khairul Imam Zakiri

Pemilik nama lengkap Khairul Imam Zakiri ini sedang memperkuat klub kasta kelima Liga Spanyol atau Segunda B Division, CP Villarrobledo. Pemain yang juga pernah memperkuat Timnas Indonesia U-19 ini baru saja selesai menjalani trial dan resmi mendapatkan kontrak profesional dari sang klub.

Sejatinya, pemain yang kini berusia 19 tahun itu mempunyai pengalaman bermain di liga Spanyol pada tahun 2019-2020d engan memperkuat Gymnasia Ceuta. Sekadar informasi, klub tersebut berkompetisi di kasta tertinggi U-19 Spanyol.

Tentu harapannya, pemain-pemain di atas dapat menunjukkan kelasnya, hingga akhirnya dapat meningkatkan prestasi Timnas Indonesia yang belum kunjung bangkit.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini