5 Kiper Terbaik di Dunia Saat Ini, Ada yang Jadi Pemain Terbaik Piala Eropa

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Selasa 20 Juli 2021 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 51 2443378 5-kiper-terbaik-di-dunia-saat-ini-ada-yang-jadi-pemain-terbaik-piala-eropa-WGp2rnSifV.jpg Emiliano Martinez (Foto: REUTERS)

SEPANJANG sejarah sepakbola, posisi penyerang memang menjadi favorit mengingat peran mereka sebagai pencetak gol yang acap kali mengubah kondisi dalam sebuah pertandingan. Namun seiring berjalannya perkembangan sepakbola, posisi kiper pun kini memiliki peran yang tak kalah krusial.

Baca Juga: 5 Pemain yang Kembali Beraksi Setelah Cedera Kepala Serius, Nomor 1 Datang dari Chelsea

Maka dari itu, saat ini penjaga gawang adalah sosok vital yang menjadi sorotan dalam sebuah pertandingan. Banyak tim berlomba mencari kiper terbaik, bukan sekadar formalitas untuk menjaga gawang. Bahkan, ada tim yang rela menyisihkan waktunya khusus untuk melatih penjaga gawang, ada juga yang merogoh kocek dalam-dalam agar bisa mendatangkan penjaga gawang terbaik.

Menurut laporan Sportskeeda, Selasa (20/7/2021), ada lima penjaga gawang terbaik di dunia saat ini. Laporan tersebut menyortir penjaga gawang di seluruh dunia dan mengerucutkannya menjadi lima.

Berikut daftar penjaga gawang terbaik di dunia saat ini:

5. Alisson Becker (Liverpool - Brasil)

Alisson Becker

Penjaga gawang asal Brasil, Alisson Becker merupakan salah satu dari lima daftar ini. Pemain yang bermain untuk Liverpool ini membukukan catatan impresif di musim 2020-2021. Ia mencatatkan 77 kebobolan dan 46 nirbobol selama bermain di Liga Inggris.

Selain itu, ia berhasil mengantar Liverpool menjuarai berbagai macam gelar. Penampilan paling impresifnya terjadi pada musim 2019-2020. Saat itu, Becker berhasil mengantar Liverpool menjuarai tiga gelar yakni Liga Champions, Liga Inggris dan Piala Dunia Klub 2020.

4. Jan Oblak (Atletico Madrid - Slovenia)

Jan Oblak

Oblak telah dianggap sebagai salah satu kiper terbaik di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Pada musim lalu, ia akhirnya berhasil mengantarkan klubnya yakni Atletico Madrid menjuarai Liga Spanyol, dengan hanya kebobolan sebanyak 25 gol.

Atletico pun telah dipuji karena ketangguhan mereka di garis pertahanan dan Oblak menjadi alasan besar di balik kesuksesan mereka. Catatan clean sheet-nya yang apik memainkan peran besar dalam kemenangan Atletico di Liga Spanyol.

3. Ederson Moraes (Manchester City - Brasil)

Ederson Moraes

Ederson memiliki pengaruh besar baik untuk Man City atau Brasil. Baru-baru ini, ia pun berhasil menggantikan peran Alisson Becker sebagai kiper nomor satu untuk Timnas Brasil. Musim lalu, ia sukses membawa Man City tampil ke final Liga Champions dan juara Liga Inggris.

Sementara bersama Timnas Brasil, Ederson mampu membawa negaranya tampil ke final Copa America 2021. Meski begitu, Ederson memiliki aset yang mumpuni sebagai penjaga gawang terbaik di dunia. Bahkan bukan hanya menjaga gawang, Ederson mempunyai kemampuan mencetak gol dan assist.

2. Emiliano Martinez (Aston Villa - Argentina)

Emiliano Martinez

Martinez muncul menjadi nama baru setelah menjadi pahlawan Argentina di Copa America 2021. Bukan hanya soal menunjukkan kehebatannya di babak adu penalti pada semifinal, tetapi di final ia juga tampil memukau. Ia telah membuktikan kemampuannya dengan menjadi pusat perhatian. Bahkan seorang Lionel Messi juga mengakui ketangguhannya.

Pada level klub, Martinez yang membela Aston Villa memang tidak terlalu terlihat. Sebab secara tim, Aston Villa tidak memenangkan trofi utama. Namun, lagi-lagi Martinez memainkan peran utama di bawah asuhan Dean Smith. Martinez tahu bahwa karirnya telah meningkat secara dramatis dalam 12 bulan terakhir dan berada di lingkungan yang tepat untuk tampil secara konsisten.

1. Gianluigi Donnarumma (PSG - Italia)

Gianluigi Donnarumma

Tidak diragukan lagi, Donnarumma menjadi salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Pada usianya yang ke-22 tahun, ia sukses membawa negaranya yakni Italia menjadi juara Piala Eropa 2020. Bahkan ia tampil sebagai pahlawan saat Italia memenangkan drama adu penalti melawan Inggris di partai final.

Donnarumma semakin menunjukkan kedigdayaan setelah didapuk sebagai kiper terbaik di Piala Eropa 2020. Pada level klub, ia juga memiliki peran besar dalam kebangkitan AC Milan di Liga Italia musim lalu. Kini, ia akan memulai tantangan baru dengan hijrah ke PSG.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini