5 Pemain yang Kembali Beraksi Setelah Cedera Kepala Serius, Nomor 1 Datang dari Chelsea

Cikal Bintang, Jurnalis · Selasa 20 Juli 2021 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 51 2443315 5-pemain-yang-kembali-beraksi-setelah-cedera-kepala-serius-nomor-1-datang-dari-chelsea-7DvzgdZ0bG.jpg Ederson Moraes kala membela Man City. (Foto: Twitter Leeds United)

CEDERA merupakan hal yang kerap kali ditemui para atlet di beragam cabang olahraga (cabor), termasuk dalam sepakbola. Tak ayal, pemandangan ini menjadi lumrah bagi para penggemar.

Sejumlah pesepakbola harus mengalami beragam jenis cedera, dari yang ringan sampai terkadang benar-benar serius. Bahkan, cedera ini mengharuskan para pemain absen dalam waktu panjang hingga mencapai beberapa musim.

BACA JUGA: Tak Pernah Main Bola, Pria asal Brasil Ini Justru Sukses Jadi Pesepakbola Top

Salah satu cedera yang paling serius terjadi di bagian kepala. Sebab, bagian tubuh ini paling vital. Tercatat, ada beberapa pemain yang pernah mengalami cedera serius pada kepalanya hingga harus absen panjang.

BACA JUGA: Cerita Sedih Eks Pemain PSG yang Harus Koma Selama 39 Tahun

Tim Okezone mencatat, setidaknya ada lima pemain yang pernah mengalami cedera serius pada kepalanya, namun bisa kembali bermain. Bahkan, beberapa tercatat bisa tampil impresif sekembalinya dari cedera panjang pada bagian kepalanya. Siapa saja mereka? Berikut lima pemain yang kembali beraksi usai cedera kepada serius.

5. Nemanja Vidic

Saat pertandingan melawan Arsenal pada 10 November 2013, bek Manchester United, Nemanja Vidic, mengalami cedera pada bagian kepala yang sangat serius. Pada saat itu, dia bertabrakan dengan rekannya sendiri, yakni David De Gea.

Nemanja Vidic

Setelah bertabrakan, Vidic terlihat memuntahkan darah dari mulutnya dan kondisinya menjadi sangat tidak bagus. Sejumlah tanda yang mengarah ke gegar otak terlihat kala itu.

Alhasil, Vidic langsung harus menjalani perawatan di rumah sakit selama paruh kedua pertandingan tersebut. Namun, sekembalinya ke lapangan hijau, dia tak menunjukkan efek samping dari cedera yang dideritanya. Dia juga sempat diistirahatkan selama jeda internasional sebelum kembali menjadi kapten timnya melawan Cardiff City pada 24 November 2013.

4. Ederson Moraes

Penjaga gawang Manchester City, Ederson Moraes, juga mengalami cedera kepala serius saat menjalani pertandingan sengit melawan Liverpool di Etihad Stadium pada 9 September 2017. Saat itu, kepala Ederson bertabrakan dengan penyerang Liverpool, Sadio Mane.

Ederson Moraes

Usai tabrakan, Ederson langsung tersungkur ke tanah. Karena insiden itu, penjaga gawang asal Brasil itu mengalami pendarahan dan segera ditandu keluar lapangan untuk dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Beruntung, Ederson tidak mengalami gegar otak. Akan tetapi, dia harus menjalani operasi dengan delapan jahitan di bagian kepala. Setelah operasi, Ederson dinyatakan baik-baik saja dan segera kembali beraksi saat timnya kontra Watford.

Sebelumnya, Ederson pernah vokal menyuarakan pembaruan peraturan pergantian pemain setelah mengalami cedera kepala. Hal tersebut disuarakan setelah dia melihat cedera yang diderita Raul Jimenez.

3. David Ospina

Penjaga gawang Napoli, David Ospina, juga mengalami cedera kepala serius setelah bertabrakan dengan striker Udinese, Ignacio Pussetto. Insiden tersebut terjadi pada 17 Maret 2019. Saat itu, Pussetto mencoba mengambil bola yang dikirimkan oleh pemain sayap Udinese.

David Ospina

Nahas, wajah Ospina tertendang pemain berusia 25 tahun tersebut. Akibatnya, dia tersungkur ke tanah dan jatuh pingsan pada menit ke-44. Ospina harus menjalani perawatan medis sebelum bisa kembali bermain untuk Napoli.

Pada akhirnya, dia bisa tersadar kembali dan melanjutkan permaianannya untuk Partenopei -julukan Napoli- dengan kepala diperban. Pemeriksaan lebih lanjut dilakukan usai laga.

2. Fernando Torres

Pada 3 Maret 2017, Fernando Torres harus mengalami kejadian mengerikan. Saat itu, Torres yang berseragam Atletico Madrid bertabrakan setelah berduel udara dengan bek Deportivo La Coruna. Nahasnya, dia jatuh dengan mendaratkan wajah terlebih dahulu.

Fernando Torres

Kedua tim langsung sigap membantu Torres. Akhirnya, dia ditandu keluar lapangan untuk mendapat perawatan medis. Bahkan, beberapa pemain Atletico Madrid terlihat syok dan menangis melihat kejadian yang menimpa Torres.

Untungnya, Torres sadar dan bisa berbicara saat berada di ambulans dalam perjalanan ke rumah sakit. Dia menjalani CT scan, dan tampaknya tidak ada kerusakan besar yang dideritanya.

1. Petr Cech

Terakhir, ada mantan penjaga gawang Chelsea, Petr Cech. Dia mengalami cedera serius pada kepalanya pada saat pertandingan melawan Reading pada 2006.

Petr Cech

Pada waktu itu, kepala Cech berbenturan dengan lutut pemain Reading, Stephen Hunt. Insiden itu terjadi kala Cech mencoba mengambil bola liar yang sedang dikejar oleh Hunt.

Akibatnya, Cech mengalami patah tulang tengkorak dalam pertandingan itu. Cech kemudian ditandu keluar dari lapangan untuk menjalani perawatan pada bagian kepalanya. Bahkan, dokter melaporkan bahwa insiden itu hampir merenggut nyawa Cech.

Pada akhirnya, mantan pemain berkebangsaan Republik Ceko itu berhasil pulih dan comeback usai tiga bulan menjalani perawatan. Namun, Cech terlihat berbeda dengan menggunakan pelindung kepala bergaya pemain rugbi. Bahkan, Cech menggunakan pelindung kepala tersebut hingga akhir kariernya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini