5 Pemain Keturunan yang Berpotensi Dipanggil Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Nomor 1 Eks West Ham

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 51 2438276 5-pemain-keturunan-yang-berpotensi-dipanggil-timnas-indonesia-di-kualifikasi-piala-asia-u-23-2022-nomor-1-eks-west-ham-so01bqh5Cu.jpg Jelte Pal siap bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@jelte_pal)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia U-23 akan turun di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yang dilangsungkan di Tanah Air medio Oktober 2021. Skuad asuhan Shin Tae-yong tergabung di Grup G bersama negara kuat Asia, yakni Australia dan China, serta Brunei Darussalam.

Untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 yang bergulir di Uzbekistan pada 1-19 Juni 2022, Timnas Indonesia U-23 wajib finis juara grup atau merebut status lima runner-up terbaik. Bisakah Timnas Indonesia U-23 melakukannya? Peluang tetap ada.

Timnas Indonesia

Untuk memperkuat skuad, tak ada salahnya bagi Shin Tae-yong untuk memanggil pemain-pemain keturunan. Terlebih PSSI melalui sang Sekjen, Yunus Nusi, mengatakan selalu mendukung keputusan apa yang diambil Shin Tae-yong, terutama soal pemanggilan pemain naturalisasi atau keturunan.

“Naturalisasi itu kebutuhan tim yang direkomendasikan pelatih dan direktur Teknik. Bukan kebutuhan PSSI, pengamat atau netizen. Selama pelatih tidak memberikan rekomendasi, apa yang harus PSSI naturalisasi?,” kata Yunus Nusi saat hadir di program Special Dialogue hasil kerja sama Okezone dan Sportstars.id.

Melihat kondisi saat ini, ada sejumlah pemain keturunan yang berusia di bawah 23 tahun, dapat diandalkan untuk membela Timnas Indonesia U-23. Siapa saja?

Berikut 5 pemain keturunan yang berpotensi dipanggil Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022:

5. Jelte Pal (Willem II)

Jelte Pal

Usianya baru 18 tahun, namun Jelte Pal sudah mendapat kesempatan mentas bersama tim senior Willem II, klub kasta tertinggi Liga Belanda. Penyerang yang identik dengan brewoknya ini sedang melakoni latihan pramusim bersama klub tersebut.

Kehadiran Jelte Pal sangat dibutuhkan Timnas Indonesia, mengingat skuad Garuda Muda kekurangan pemain di area tersebut. Medio Januari 2021, Jelte Pal yang berdarah Indonesia-Belanda membuka kesempatan jika dipanggil Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Segrup dengan Australia dan China di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Timnas Indonesia Panggil Pemain Naturalisasi?

“Tentu senang jika suatu hari nanti menerima undangan dari federasi (PSSI). Tapi, tentu saya akan membicarakannya dengan agen saya dan keluarga," ujar Jelte Pal saat berbicara di akun YouTube Yussa Nugraha.

4. Elkan Baggott (Ipswich Town)

Elkan Baggott

Setelah menolak gabung Timnas Indonesia yang dipersiapkan turun di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia medio Mei 2021, ini merupakan momen tepat Elkan Baggott untuk mengembalikan namanya di mata pencinta sepakbola Indonesia.

Terlebih, Indonesia membutuhkan pemain berpengalaman di jantung pertahanan. Tinggi badannya yang mencapai 196 sentimeter membuat Indonesia tak perlu takut saat melakoni duel-duel udara.

3. Joseph Simatupang Ferguson (Blackburn Rovers U-18)

Joseph Simatupang Ferguson

Joseph Simatupang Ferguson merupakan pemain Blackburn Rovers U-18. Pemain berdarah Batak ini biasa berperan di posisi fullback kanan.

Di musim 2020-2021, fullback 18 tahun ini turun dalam delapan pertandingan Premier League U-18 dengan koleksi satu assist. Dengan tubuh kekarnya, Joseph Simatupang dipercaya dapat memperkukuh barisan pertahanan Timnas Indonesia.

2. Jordy Wehrmann  (Feyenoord Rotterdam)

Jordy Wehrmann

Jordy Wehrmann mempunyai darah Indonesia dari kakek-neneknya. Saat ini, gelandang 22 tahun berstatus sebagai pemain kasta tertinggi Liga Belanda, Feyenoord Rotterdam.

Di Liga Belanda 2020-2021, ia bermain tujuh kali di paruh pertama musim. Kemudian, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini dipinjamkan Feyenoord ke klub mapan Swiss, FC Luzern.

Di sana, Jordy Wehrmann, turun dalam 19 pertandingan Liga Swiss dengan koleksi dua assist. Gelandang yang sempat membela sejumlah kelompok umur Timnas Belanda ini sedang berjuang menembus skuad utama Feyenoord musim depan.

1. Anouar El Mhassani (Ajman Club)

Anouar El Mhassani

Mantan pemain akademi West Ham United, Anouar El Mhassani, menunggu panggilan Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Pemain keturunan Indonesia-Maroko ini akan mempertimbangkan jika mendapat tawaran gabung skuad Garuda.

“Jika mereka (PSSI) menghubungi saya, saya. akan mempertimbangkannya. Tapi, mereka tak pernah menghubungi saya sebelumnya,” kata Anouar El Mhassani saat ditanya via direct message oleh akun @FT_IDN.

Biasa bermain sebagai winger, tusukan-tusukan dari Anouar El Mhassani dapat membahayakan pertahanan lawan. Pemain 20 tahun ini, saat ini mentas bersama klub kasta tertinggi Liga Uni Emirat Arab, Ajman Club.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini