Segrup dengan Australia dan China di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Timnas Indonesia Panggil Pemain Naturalisasi?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 51 2438233 segrup-dengan-australia-dan-china-di-kualifikasi-piala-asia-u-23-2022-timnas-indonesia-panggil-pemain-naturalisasi-ujTCt5tsKW.jpg Timnas Indonesia U-23 akan turun di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. (Foto: PSSI)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia U-23 tergabung di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 yang berlangsung di Tanah Air pada medio Oktober 2021. Skuad Garuda Muda satu grup dengan dua negara kuat Asia, yakni Australia dan China, serta Brunei Darussalam.

Meski berstatus tuan rumah, butuh usaha ekstra bagi Shin Tae-yong untuk membawa Timnas Indonesia tampil di Piala Asia U-23 2022 yang digelar di Uzbekistan pada 1-19 Juni 2022.

Timnas Indonesia U-23

Sebab, hanya 11 juara grup dan lima runner-up terbaik yang dipastikan lolos ke putaran final. Tuan rumah Uzbekistan juga ikut dalam sesi kualifikasi kali ini, meski sudah dipastikan lolos.

Jika gagal menyandang status juara atau lima runner-up terbaik, Uzbekistan tetap lolos. Karena itu, Timnas Indonesia U-23 butuh usaha ekstra untuk memastikan tempat di putaran final.

Pelatih Shin Tae-yong kemungkinan Kembali mengandalkan pemain-pemain yang turun di tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada ajang nanti. Sekadar informasi, mayoritas pemain yang dibawa saat itu di bawah 23 tahun.

BACA JUGA: Elkan Baggott Pernah Tolak Bela Timnas Indonesia, PSSI Malah Siap Berikan Fasilitas Mewah kepada sang Pemain

Mereka dipanggil memang diproyeksikan untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games 2021 yang dipastikan ditunda. Berhubung Indonesia menjadi bulan-bulanan saat itu, tepatnya kalah 0-4 dari Vietnam dan dihajar UEA 0-5, akankah Shin Tae-yong melakukan perombakan skuad?

Perombakan skuad yang dimaksud adalah memanggil sejumlah pemain naturalisasi yang berusia di bawah 23 tahun. Sejauh ini Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan, pemanggilan pemain keturunan ada di bawah kendali Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Elkan Baggott

(Elkan Baggott, pemain keturunan yang dapat dimanfaatkan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022)

“Naturalisasi itu kebutuhan tim yang direkomendasikan pelatih dan direktur Teknik. Bukan kebutuhan PSSI, pengamat atau netizen. Selama pelatih tidak memberikan rekomendasi, apa yang harus PSSI naturalisasi?,” kata Yunus Nusi saat hadir di program Special Dialogue hasil kerja sama Okezone dan Sportstars.id.

Kehadiran pemain keturunan, diharapkan dapat memberikan warna tersendiri bagi permainan Timnas Indonesia. Tentu ujung-ujungnya, diharapkan prestasi Timnas Indonesia U-23 juga terangkat.

Berikut hasil undian Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022:

1. Australia

2. China

3. Indonesia

4. Brunei Darussalam

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini