Share

Media Vietnam Bahas Shin Tae-yong yang Diminta Dikontrak Seumur Hidup oleh Timnas Indonesia

Djanti Virantika, Okezone · Selasa 20 September 2022 06:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 51 2670905 media-vietnam-bahas-shin-tae-yong-yang-diminta-dikontrak-seumur-hidup-oleh-timnas-indonesia-0pDJDoeqyA.jpg Shin Tae-yong siap bawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

MEDIA Vietnam, Soha.vn, membahas soal Shin Tae-yong usai sukses membawa Timnas Indonesia U-20 menang atas Timnas Vietnam U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Mereka menyoroti keinginan para suporter Timnas Indonesia untuk mengontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih seumur hidup.

Ya, pencapaian manis kembali diukir Shin Tae-yong dalam menangani Timnas Indonesia di sejumlah kelompok usia. Kali ini, pelatih asal Korea Selatan itu membawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023

Kepastian itu didapat usai Garuda Nusantara -julukan Timnas Indonesia U-20- menang atas Vietnam dengan skor 3-2. Kemenangan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu 18 September 2022 malam WIB itu memastikan Marselino Ferdinan cs menjadi juara Grup F dengan raihan poin sempurna, yakni 9.

BACA JUGA: Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Media Vietnam Nilai Selebrasi Timnas Indonesia U-20 dan Suporter Tanah Air Lebay

Pencapaian manis ini pun membuat Shin Tae-yong banjir pujian. Para penggemar sepakbola Tanah Air berbondong-bondong mengakui kehebatan dari eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

BACA JUGA: Media Vietnam Hubungkan Sepakbola Gajah di Piala AFF U-19 2022 dengan Kemenangan Timnas Indonesia U-20 atas Vietnam

Di tengah pujian, beberapa pihak menyelipkan harapan untuk dapat terus melihat Shin Tae-yong berkiprah menjadi pelatih Timnas Indonesia. Tak ayal, mereka berharap PSSI bisa memberi Shin Tae-yong kontrak panjang, bahkan mencapai seumur hidup. Hal ini pun jadi sorotan media Vietnam.

“Setelah Timnas Indonesia U-20 mengalahkan Vietnam U-20 dengan skor 3-2, fans di negara tersebut meminta Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) untuk memberi kontrak seumur hidup kepada pelatih Shin Tae-yong,” tulis Soha.vn, dikutip Selasa (20/9/2022).

“Di Twitter, sebagian penggemar Indonesia juga meminta PSSI untuk memberi kontrak seumur hidup kepada pelatih Shin Tae-yong karena hasil yang dibawa juru taktik ini ke sepakbola Indonesia selama lebih dari 2 tahun bekerja,” sambungnya.

“Seorang penggemar menulis: ‘Shin layak mendapat perpanjangan kontrak. Saya angkat topi kepadanya atas apa yang telah dia lakukan dalam membantu tim Indonesia memiliki keinginan besar dan fisik yang hebat. Saya benar-benar takjub melihat pertandingan Timnas Indonesia melawan Kuwait dan kemenangan Indonesia U-20 baru-baru ini atas Vietnam’,” tulis Soha.vn.

“Fans lain mengatakan: ‘Shin harus dikontrak PSSI seumur hidup. Jika PSSI tidak bisa melakukan itu, mungkin kita harus menyumbang untuk membayar gaji Shin agar bekerja di dunia sepakbola Indonesia selamanya’,” tuturnya.

Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023

Shin Tae-yong memang terus membawa Timnas Indonesia di berbagai kelompok usia mendulang hasil manis. Selain meloloskan Timnas Indonesia U-20, dia lebih dahulu membawa Timnas Indonesia senior menembus Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong sendiri diketahui sudah menjadi juru taktik Timnas Indonesia sejak awal 2020. Dia dikontrak hingga akhir 2023. Selama kurun waktu 3 tahun ini, Shin Tae-yong melatih 3 tim, yaitu Timnas Indonesia senior, U-23, dan U-20.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini