Jelang Final Copa America 2021, Marquinhos Bahas Rivalitas Brasil vs Argentina

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Kamis 08 Juli 2021 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 51 2437657 jelang-final-copa-america-2021-marquinhos-bahas-rivalitas-brasil-vs-argentina-7vEmzNv8yL.jpg Marquinhos siap hadapi final Copa America 2021. (Foto: REUTERS/Sergio Moraes)

RIO DE JANEIRO – Bek Tim Nasional (Timnas) Brasil, Marcos Aoas Correa, atau yang akrab disapa Marquinhos, menceritakan rivalitas tinggi antara Brasil dan Argentina jelang final Copa America 2021. Adanya rivalitas tinggi itu tidak lepas dari sejarah yang terus berkembang di antara dua negara sepakbola terbesar se-Amerika Selatan tersebut.

Final Copa America 2021 akan mempertemukan dua tim raksasa Amerika Selatan yakni Brasil dan Albiceleste –julukan Timnas Argentina. Laga akan berlangsung di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil pada Minggu 11 Juli 2021, pukul 07.00 WIB.

Timnas Brasil

(Duel Brasil vs Argentina beberapa tahun yang lalu)

Selecao –julukan Timnas Brasil– berhasil melangkah ke final usai menaklukkan Peru dengan skor tipis 1-0. Sementara, Argentina menggulingkan Kolombia lewat adu penalti 3-2 setelah laga waktu normal berakhir dengan skor 1-1.

Pertemuan kedua negara di partai puncak pun merupakan hal ideal. Sebab, Brasil dan Argentina dianggap sebagai kiblat sepakbola di negara Amerika Selatan yang menjadikan duel tersebut sangat dinantikan.

Berdasarkan sejarah, pertemuan antara kedua tim tidak pernah lepas dari ketegangan. Apalagi, Brasil dan Argentina sama-sama memiliki pemain hebat yang tak pernah terputus dari generasi ke generasi.

BACA JUGA: Jelang Brasil vs Argentina di Final Copa America 2021, Marquinhos Takut Hadapi Lionel Messi

Marquinhos pun turut menyaksikan bagaimana rivalitas antara Argentina dan Brasil yang begitu tinggi sejak ia kecil. Kini, ia pun akan ikut terlibat dalam duel klasik tersebut dan siap memberikan hasil yang terbaik untuk Brasil.

“Brasil dan Argentina jauh melampaui permainan sepakbola sederhana. Sejak saya masih kecil, itu adalah permainan yang saya impikan untuk dimainkan. Pada usia lima atau enam tahun, ketika saya mulai bermain sepakbola, saya sedikit mengerti apa itu (sepakbola) dengan melihat di televisi, dan Selecao bermain,” kata Marquinhos, dikutip dari laman resmi CBF, Kamis (8/7/2021).

Lionel Messi dan Aguero

“Saya bermimpi berada di lapangan itu karena sejarah yang dimilikinya, dengan semua pemain yang pernah bermain, seperti Pelé, Zico, Rivaldo, Ronaldo, Ronaldinho, di sisi lain, (Argentina memiliki) Maradona, Messi. Seragam dua negara ini mewakili sepakbola, tidak hanya di Amerika Selatan, tetapi di dunia. Ini membuat dunia juga tertarik untuk menonton pertandingan. Inilah yang mewakili sejarah Brasil dan Argentina,” lanjut bek Paris Saint-Germain tersebut.

Sebelum ini, Brasil dan Argentina sempat dua kali bertemu di final, semenjak turnamen berganti nama menjadi Copa America pada 1967. Keduanya bertemu di final Copa America 2004 dan 2007.

Hasilnya dalam dua final itu, Brasil selalu mengalahkan Argentina. Bagaimana dengan kali ini?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini