Perang Dingin dengan Pemain Muslim Jerman, Joachim Low Minta Maaf Kelar Piala Eropa 2020

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 51 2433767 perang-dingin-dengan-pemain-muslim-jerman-joachim-low-minta-maaf-kelar-piala-eropa-2020-aTHDF6AjLb.jpg Joachim Low akan berbincang dengan Mesut Ozil. (Foto: Frank Augstein/REUTERS)

LONDONJoachim Low resmi meninggalkan Tim Nasional (Timnas) Jerman, setelah sang negara tersingkir di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Setelah meninggalkan Timnas Jerman, langkah pertama yang dilakukan Joachim Low adalah mencoba berdamai dengan mantan anak asuhnya yang beragama Islam, Mesut Ozil.

Sebagaimana diketahui, perseteruan antara Low dan Mesut Ozil sempat memuncak saat mantan pemain Arsenal itu memutuskan mundur dari Timnas Jerman pada 2018. Pemain Fenerbahce tersebut memilih pensiun karena merasa terhina oleh Federasi Sepakbola Jerman (DFB) setelah dirinya berfoto dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Mesut Ozil

(Mesut Ozil dan Joachim Low saat masih bekerja sama di Timnas Jerman)

Sayangnya keputusan Mesut Ozil untuk pensiun membuat Low kecewa. Sebab, pemain berusia 32 tahun itu meninggalkan Timnas Jerman tanpa berkonsultasi secara langsung dengan Low.

Bahkan hingga saat ini, ia tidak mendapat penjelasan secara langsung dari Ozil terkait permasalahan tersebut. Tak pelak, kekecewaan Low terhadap pemain berposisi gelandang serang itu masih membekas.

“Mesut (Ozil) meninggalkan Tim Nasional tanpa berkonsultasi dengan saya sebelumnya dan itu merupakan kekecewaan besar bagi saya," ungkap Low, dikutip dari Goal Internasional, Kamis (1/7/2021).

BACA JUGA: Timnas Jerman Loyo 7 Tahun Terakhir, Tanda Joachim Low Tak Bisa Apa-Apa Tanpa Hansi Flick?

Namun, kini hal positif muncul dari pikiran Low. Ia ingin menyelesaikan masalahnya dengan Ozil yang tak kunjung menemui titik terang. Karena itu, setelah meninggalkan Timnas Jerman pada 12 Juli 2021 nanti, ia berharap bisa bertemu dan menuntaskan pertikaian yang terjadi di antara mereka.

"Akan tiba saatnya kita akan berbicara atau bertemu lagi. Pada titik tertentu, akan tiba saatnya kita akan membicarakan sesuatu dan mengesampingkan semuanya,” tutur pelatih berusia 61 tahun tersebut.

Mesut Ozil

“Kenangan ini kemudian juga akan menjadi positif bagi kami. Dia (Ozil) adalah pemain yang sangat penting dengan keterampilan yang hebat,” imbuh Low.

Perpaduan Ozil dan Low sempat menghasilkan prestasi luar biasa bagi Timnas Jerman. Perpaduan keduanya membuat Jerman juara Piala Dunia 2014 setelah di final menang 1-0 atas Argentina.

Sementara itu, Low sendiri gagal mengakhiri kariernya di Timnas Jerman dengan baik. Pada turnamen terakhirnya di Piala Eropa 2020, Low gagal membawa Der Panzer melangkah jauh dan terhenti di babak 16 besar usai menyerah 0-2 dari Inggris.

Setelah ini, Low pun akan menyerahkan tongkat estafet kepelatihan Timnas Jerman kepada mantan pelatih Bayern Munich yakni Hansi Flick. Uniknya, Hansi Flick merupakan asisten Joachim Low saat membawa Jerman juara Piala Dunia 2014.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini