Ukraina Lolos ke Perempatfinal Piala Eropa 2020, sang Presiden Bahagia

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 30 Juni 2021 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 30 51 2433344 ukrania-lolos-ke-perempatfinal-piala-eropa-2020-sang-presiden-bahagia-IQAK1UZVEk.jpg Timnas Ukraina (Foto: Reuters)

KIEV – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyi, memberikan komentar soal keberhasilan tim nasional (Timnas) negaranya melaju ke babak perempatfinal Piala Eropa 2020. Zelenskyi pun memberikan ucapan selamat atas keberhasilan Timnas Ukraina tersebut.

Sebagaimana diketahui, Timnas Ukraina memang berhasil memetik hasil positif saat menghadapi Swedia dalam 16 besar Piala Eropa 2020 pada Rabu (30/6/2021) dini hari WIB. Laga yang berakhir dengan skor 2-1 tersebut mengantarkan Zhovto-Blakytni ke babak perempat final.

Bermain di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Ukraina sempat unggul lebih dulu melalui tendangan voli Oleksandr Zichenko pada menit 27. Sampai diimbangkan melalui gol dari luar kotak penalti Emil Forsberg di menit 43 memaksa laga berakhir 1-1 dalam 90 menit.

Ukraina vs Swedia

Kedua tim pun melanjutkan laga dengan babak tambahan waktu 2x15 menit. Hingga laga hampir saja ditentukan dari drama adu penalti, Artem Dovbyk mencetak gol di penghujung babak (120+1).

Akhirnya, Ukraina mengunci kemenangan dengan skor 2-1 dan memastikan diri melaju ke babak perempat final. Tim asuh Shevchenko ini akan menghadapi Inggris yang telah memastikan tempat lebih dulu.

Baca Juga: Lawan Inggris di Perempatfinal Piala Eropa 2020, Timnas Ukraina Tak Takut!

Hasil ini pun memicu kebanggaan publik Ukraina tak terkecuali sang presiden Volodymyr Zelenskyi. Melalui pesan pendek yang dikutip dari laman resmi Asosiasi Sepak Bola Ukraina (UAF), ia berterima kasih kepada Andriy Yarmolenko dan kawan-kawan.

"Saya tahu bahwa hari ini saya akan menulis kata-kata ini dari diri saya sendiri dan dari seluruh Ukraina, terlepas dari hasilnya," tulis Volodymyr Zelenskyi.

"Kami peduli kalian dengan sepenuh hati! Kami berterima kasih dari lubuk hati kami!Kami bangga dengan kalian (mewakili) seluruh negeri! Betapa bahagianya menulis ini setelah kemenangan!" tulisnya.

Ia pun juga mengungkapkan harapannya agar dapat menulis semacam itu lagi dalam beberapa laga ke depan. Artinya, sang presiden ingin Timnas Ukraina meraih kemenangan demi kemenangan sampai ke partai puncak.

Timnas Ukraina

"Dan dapatkan kesempatan untuk menulisnya lagi. Setelah 1/4 (perempat final) Atau setelah 1/2 (semi final). Atau mungkin setelah final Euro!" lanjut Zelensky.

Baca Juga: 4 Tim yang Siap Kejutkan Piala Eropa 2020, Nomor 1 Calon Juara

Laga perempat final Ukraina vs Inggris nanti akan dilangsungkan pada Minggu 7 Juli 2021 mendatang. Duel tim klasik ini akan digelar di Stadion Olimpico Roma, Italia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini