Timnas Portugal Tersingkir dari Piala Eropa 2020, Cristiano Ronaldo Bawa Pulang Segudang Rekor

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 28 Juni 2021 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 51 2431813 timnas-portugal-tersingkir-dari-piala-eropa-2020-cristiano-ronaldo-bawa-pulang-segudang-rekor-63vJIUy2cD.jpg Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

SEVILLA Tim Nasional (Timnas) Portugal angkat kaki dari Piala Eropa 2020. Sang juara bertahan kalah tipis 0-1 dari Belgia di babak 16 besar.

Megabintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, pun harus mengubur mimpinya untuk mempertahankan gelar juara. Meski begitu, Ronaldo bisa pulang dengan kepala tegak karena telah mencatatkan lima rekor bergengsi di Piala Eropa 2020.

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Pertama, Ronaldo menjadi pemain Timnas Portugal pertama yang mencetak gol dalam tiga pertandingan beruntun Piala Eropa. Cr7 -julukan Ronaldo- melakukannya saat Timnas Portugal berlaga di Grup F.

Lalu, Ronaldo juga menjadi pemain pertama yang tampil dan cetak gol di lima edisi Piala Eropa berbeda. Dia debut di Piala Eropa 2004 saat Timnas Portugal bertindak sebagai tuan rumah. Sayangnya, Selecao das Quinas -julukan Timnas Portugal- tidak juara saat itu.

BACA JUGA: Timnas Portugal Tersingkir, Penampilan Terakhir Cristiano Ronaldo di Piala Eropa?

Ronaldo juga memecahkan rekor legenda Prancis, Michel Platini, sebagai top skor sepanjang masa Piala Eropa. Tambahan lima gol Ronaldo di Grup F membuatnya telah mencetak 14 gol di Piala Eropa. Ronaldo unggul lima gol dari Platini.

BACA JUGA: Foto-Foto Ekspresi Kekecewaan Cristiano Ronaldo Usai Portugal Disingkirkan Belgia di 16 Besar Piala Eropa 2020

Selain itu, Ronaldo pun merupakan pemain Eropa dengan gol terbanyak di turnamen mayor (Piala Eropa dan Piala Dunia). Ronaldo mencetak 20 gol di turnamen mayor dengan rincian 14 gol di Piala Eropa dan enam gol di Piala Dunia.

Ronaldo melangkahi legenda Jerman, Miroslave Klose, yang mencetak 19 gol di turnamen mayor. Klose mencetak tiga gol di Piala Eropa dan 16 gol di Piala Dunia.

Rekor terbesar Ronaldo di Piala Eropa 2020 adalah menjadi top skor internasional sepanjang masa. Ronaldo menyamai torehan gol legenda Iran, Ali Daei, yaitu 109 gol.

Cristiano Ronaldo (Foto: Reuters)

Ronaldo diharapkan melewati rekor Daei saat Timnas Portugal berhadapan dengan Belgia di Stadion Olimpiade Sevilla, Spanyol, Senin 28 Juni 2021, dini hari WIB. Akan tetapi, tidak ada satu pun gol dibuat Ronaldo.

Timnas Portugal tersingkir sehingga Ronaldo tidak bisa menambah koleksi golnya lagi di Piala Eropa 2020. Hingga kini, Ronaldo masih merupakan top skor sementara Piala Eropa 2020 dengan torehan lima gol. Semua gol Ronaldo tercipta di fase grup.

Saksikan siaran lansung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini