Sederet Fakta Menarik di Fase Grup Piala Eropa 2020: Rekor Cristiano Ronaldo hingga 8 Gol Bunuh Diri

Susanto, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 51 2430159 sederet-fakta-menarik-di-fase-grup-piala-eropa-2020-rekor-cristiano-ronaldo-hingga-8-gol-bunuh-diri-YSFRkDCLYL.jpg Cristiano Ronaldo mengeksekusi penalti saat melawan Timnas Prancis. (Foto/Reuters)

FASE Grup Piala Eropa 2020 telah berakhir, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. Sebanyak 16 tim telah memastikan melenggang ke babak 16, dan menciptakan sederet fakta menarik yang tercipta selama fase penyisihan grup.

Empat tim terakhir yang lolos ke babak 16 besar adalah Spanyol, Jerman, Portugal, dan Ukraina. Kepastian itu didapat setelah mereka menyelesaikan pertandingan ketiga fase grup.

Spanyol lolos sebagai runner up grup E dan Jerman sebagai runner up Grup F. Sementara itu, Portugal dan Ukraina mengamankan dua tiket terakhir dari jatah empat tim peringkat ketiga terbaik Piala Eropa 2020.

Foto/Reuters

Sebelumnya, 12 tim telah lebih dulu melenggang ke fase knock out. Italia, Belgia, Belanda, dan Inggris lolos setelah memuncaki klasemen di fase grup. Sedangkan Wales, Denmark, Austria, dan Kroasia yang jadi runner up grup.

Juara Grup: Italia, Belgia, Belanda, Inggris, Prancis, Swedia

Runner Up: Wales, Denmark, Austria, Kroasia, Jerman, Spanyol

Peringkat Tiga Terbaik: Portugal, Republik Ceko, Swiss, Ukraina,

Sepanjang babak penyisihan grup, sebanyak tujuh tim belum merasakan kekalahan. Mereka adalah Italia, Belgia, Belanda, Inggris, Swedia, Prancis, dan Spanyol. Namun, cuma tiga tim yang disebutkan di awal yang meraih rekor 100% kemenangan.

Selain catatan di atas, berikut sejumlah fakta menarik yang tersaji selama fase grup: 

1. Cristiano Ronaldo (Portugal) Top Skor

menjadi pencetak gol terbanyak di fase grup dengan 5 gol dan 1 assist. Selanjutnya ada Patrik Schick (Republik Ceko), Emil Forsberg (Swedia), Romelu Lukaku (Belgia), Gini Wijnaldum (Belanda) dan Robert Lewandowski (Polandia) yang mencetak masing-masing tiga gol.

Foto/Reuters

2.Pemain Termuda

Kacper Kozłowski (Polandia) menjadi pemain termuda dalam sejarah Piala Eropa. Usianya 17 tahun 246 hari ketika dipasang melawan Spanyol di babak penyisihan grup, 19 Juni 2021 lalu.

Baca juga: Samai Rekor Ali Daei, Jumlah 109 Gol Cristiano Ronaldo Masih Kalah Jauh dari Pesepakbola Wanita Ini

Foto/Reuters

3. Rekor Cristiano Ronaldo

Gol Cristiano Ronaldo menyentuh rekor legendaris Ali Daei sebagai pencetak gol terbanyak di panggung internasional. Dua gol penalti di Puskas Arena, Kamis (24/6/2021) membuat Ronaldo kini mengoleksi 109 gol internasional.

Baca juga: Bantai Slovakia 5-0, Luis Enrique Ibaratkan Timnas Spanyol seperti Sampanye

Foto/Reuters

4. 8 Gol Bunuh Diri

Sebanyak 8 gol bunuh diri lahir di babak penyisihan grup Piala Eropa 2020. Dua di antaranya terjadi saat Slovakia dicukur Spanyol dengan skor 0-5 di matchday terakhir babak penyisihan grup.

Foto/Reuters

5. Gol Perdana Karim Benzema

Penyerang Prancis, Karim Benzema, mencetak gol pertama untuk negaranya dalam tujuh tahun terakhir. Benzema langsung memborong dua gol ke gawang Portugal di laga terakhir Grup F yang berakhir dengan skor sama kuat 2-2.

Foto/Reuters

6. Sentuhan Pertama Ferran Torres 

Ferran Torres mencetak gol dengan sentuhan pertamanya setelah 44 detik masuk sebagai pemain pengganti di laga Spanyol kontra Slovakia, Kamis (24/6). Dia menjadi pencetak gol tercepat yang masuk sebagai pemain pengganti sejak Juan Carlos Valeron mencetak gol ke gawang Rusia pada Piala Eropa 2004. Sekadar informasi, Carlos Valeron butuh 39 detik untuk mencetak gol tersebut.

Foto/Reuters

7. 18 Gol

Sebanyak 18 gol lahir dari empat pertandingan yang digelar di hari terakhir babak penyisihan grup Piala Eropa 2020. Jumlah itu memecahkan rekor gol terbanyak dalam sehari dalam sejarah kompetisi Piala Eropa.

Foto/Reuters

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini