Bantai Slovakia 5-0, Luis Enrique Ibaratkan Timnas Spanyol seperti Sampanye

Susanto, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 08:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 51 2430096 bantai-slovakia-5-0-luis-enrique-ibraratkan-timnas-spanyol-seperti-sampanye-FH7hQLrsSZ.jpg Luis Enrique. (Foto/Reuters)

SEVILLE Timnas Spanyol membantai Slovakia 5-0 pada laga pamungkas Grup E Piala Eropa 2020 di Estadio de La Cartuja, Seville, Kamis (24/6/2021) WIB. Pealtih Luis Enrique mengibratkan penampilan anak didiknya seperti sampanye.

Kembalinya Kapten Sergio Busquets ke dalam skuat Matador membuat tim tampil lebih solid. Spanyol mengalahkan Slovakia lewat gol bunuh diri Martin Dubravka (30’) dan Juraj Kucka (71’) serta melalui gol Aymeric Laporte (45’), Pablo Sarabia (56’), dan Ferran Torres (67’).

Foto/Reuters

Selepas laga, Luis Enrique sedikit jemawa. Dia sudah memberi peringatan bahwa skuadnya akan meledak seperti sampanye yang mengalir ketika gabus penahan botol dikeluarkan.

Baca juga: Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Eropa 2020

“Saya memperingatkan semua orang bahwa ketika gabus keluar dari botol, sampanye akan mengalir. Dan (metafora) itu sekarang terjadi di sini,” kata Luis Enrique dikutip laman UEFA, Kamis (24/6/2021).

Baca juga: Man of the Match Slovakia vs Spanyol: Sergio Busquets

Dengan kemenangan atas Slovakia tersebut, Timnas Spanyol berhak lolos ke babak 16 besar sebagai runner up Grup E. Skuad Matador mengoleksi lima poin dari tiga laga, tertinggal dua angka di belakang Swedia yang menjuarai grup.

Di babak 16 besar, Spanyol akan berhadapan dengan Kroasia di Stadion Parken, Kopenhagen, Senin (28/6/2021) mendatang. Luis Enrique menyebut timnya sudah kembali percaya diri untuk menyambut pertandingan itu.

“Suasananya sekarang luar biasa, dan kami tak sabar untuk pertandingan berikutnya,” kata Luis Enrique.

Spanyol kini telah mengoleksi 50 kemenangan di turnamen besar (Piala Eropa dan Piala Dunia). Mereka menjadi tim keempat yang mencapai tonggak kemenangan ini setelah Jerman, Italia, dan Prancis yang sudah lebih dulu mencapai jumlah kemenangan tersebut.

Sementara itu, kekalahan telak dari Spanyol menguapkan asa Slovakia untuk lolos ke babak 16 besar lewat jalur peringkat ketiga terbaik. Raihan tiga poin dan selisih gol defisit lima justru membuat mereka memesan tiket pulang bersama Polandia yang jadi juru kunci klasemen Grup E.

Saksikan siaran langsung UEFA EURO 2020 di iNews TV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini