Rajai Grup C Piala Eropa 2020, tapi Timnas Belanda Belum Sempurna

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 05:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 51 2428819 rajai-grup-c-piala-eropa-2020-tapi-timnas-belanda-belum-sempurna-3W58cEIBoZ.jpg Timnas Belanda (Foto: Reuters)

AMSTERDAM – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Belanda, Frank de Boer, memiliki kritik untuk permainan pasukannya kala mengalahkan Makedonia Utara 3-0 pada partai pamungkas Grup C Piala Eropa 2020. Menurut De Boer, permainan Timnas Belanda kurang apik pada babak pertama.

Pertandingan Timnas Belanda kontra Makedonia Utara berlangsung di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Senin 21 Juni 2021, malam WIB. Nilai pertandingan itu tidak terlalu penting bagi kedua tim karena Oranje -julukan Timnas Belanda- sudah memastikan diri sebagai juara Grup C, sedangkan Makedonia Utara tersingkir dari Piala Eropa 2020.

Georginio Wijnaldum vs Makedonia Utara (Foto: Reuters)

Namun, kedua tim tetap bermain serius selama 90 menit. Timnas Belanda bahkan sempat kerepotan beberapa kali dengan serangan-serangan balik Makedonia Utara, terutama pada babak pertama.

Karena unggul kualitas, Timnas Belanda mampu unggul 1-0 pada babak pertama melalui gol Memphis Depay (24’). Oranje -julukan Timnas Belanda- pun berbenah pada babak kedua sehingga permainan mereka membaik.

BACA JUGA: Hasil Piala Eropa 2020 Semalam: Belanda dan Belgia Tak Terkalahkan, Denmark Lolos ke Babak 16 Besar

Pasukan De Boer mencetak dua gol lagi melalui aksi Geoginio Wijnaldum (51’ dan 58’). Alhasil, Timnas Belanda memastikan diri sebagai juara Grup C dengan poin sempurna, sembilan.

“Saya pikir kami memiliki beberapa momen hebat selama pertandingan, tetapi juga beberapa momen buruk. Selama babak pertama kami ceroboh,” kata De Boer, dikutip dari laman resmi UEFA, Selasa (22/6/2021).

“Kami membiarkan diri kami terbuka saat (lawan) melakukan serangan balik. Itu adalah sesuatu yang kami bicarakan di babak pertama meskipun saya pikir kami bisa merasa sangat positif secara keseluruhan,” tuturnya.

Sementara itu, Timnas Belanda lolos ke babak 16 besar bersama Austria sebagai runner-up. David Alaba dkk menyegel posisi kedua setelah menang tipis 1-0 atas Ukraina.

Frank de Boer (Foto: Reuters)

Oranje kini tinggal menunggu calon lawan mereka di 16 besar. Timnas Belanda akan berlaga di 16 besar mental yang bagus usai merajai Grup C.

Namun, Timnas Belanda tidak boleh jemawa karena kelengahan bisa berbuah fatal di fase gugur. Timnas Belanda harus fokus dan tampil maksimal demi melenggang ke perempatfinal.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini