Man of The Match Makedonia Utara vs Belanda: Giorginio Wijnaldum

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 01:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 51 2428789 man-of-the-match-makedonia-utara-vs-belanda-giorginio-wijnaldum-Av11zasaWo.jpg Pemain Timnas Belanda, Geoginio Wijnaldum. (Foto: UEFA)

AMSTERDAM – Koleksi dua gol yang diciptakan Georginio Wijnaldum di laga Tim Nasional (Timnas) Makedonia Utara vs Belanda membuatnya berhasil menyabet status man of the match. Gelar pemain terbaik itu diberikan lantaran Wijnaldum berpengaruh besar dalam kemenangan yang diraih Belanda dengan skor akhir 3-0 tersebut.

Ya, Belanda baru saja memenangi partai terakhir di Grup C Piala Eropa 2020 dengan skor 3-0 atas Makedonia Utara, pada Selasa (22/6/2021) dini hari WIB. Awalnya keunggulan De Oranje diberikan oleh striker andalan mereka, yakni Memphis Depay di babak pertama.

Lalu pada babak kedua, giliran Wijnaldum yang menjadi sorotan karena permainan apiknya dan dua gol yang diberikannya untuk Belanda. Dua gol Wijnaldum itu tercipta di menit 51 dan 58. Jadi, gelandang bertahan Belanda itu sukses mencetak dua gol hanya dalam waktu 7 menit saja!

Baca Juga: Man of The Match Ukraina vs Austria: Florian Grillitsch

Selebrasi Wijnaldum di laga Makedonia Utara vs Belanda

Sebagai seorang gelandang bertahan, Wijnaldum memang kerap membantu lini serang pasukan Frank de Boer tersebut. Jadi, tak heran jika dalam dua golnya ke gawang Makedonia Utara itu, Wijnaldum melepaskan semua tendangannya di kotak penalti lawan.

Tak hanya berkontribusi dalam menciptakan gol, pemain yang kini sudah resmi bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) itu juga turut membantu mengamankan gawang Belanda. Bermain selama 90 menit penuh, Wijnaldum dan kawan-kawannya sukses menjaga gawang Belanda tidak kebobolan.

Jadi, wajar memang jika pada akhirnya kapten Timnas Belanda itu mendapatkan status star of the match pada pertandingan melawan Makedonia Utara yang berlangsung di Johan Cruyff Arena.

Apalagi bila melihat statistik, Wijnaldum yang melepaskan tiga tembakan ke gawang Makedonia Utara, dua di antaranya berhasil berbuahkan gol. Ia pun sukses melepaskan 26 umpan dengan tingkat keakuratan hampir mencapai 90 persen.

Hanya empat umpan yang gagal dikirim Wijnaldum di laga Makedonia Utara vs Belanda tersebut. Selebihnya Wijnaldum benar-benar menguasai lini tengah permainan. Tentunya Wijnaldum dibantu Frenkie de Jong dan Ryan Gravenberch dalam menguasai permainan tengah Belanda kontra Makedonia Utara tersebut.

Georginio Wijnaldum

Kemampuan Wijnaldum jelas dibutuhkan kembali oleh Belanda yang sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 dengan berstatus juara Grup C. Nantinya Belanda akan menunggu peringkat ketiga terbaik di antara Grup D/E/F.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini