Penyebab Persib Bandung Diserang Badai Cedera Jelang Turun di Liga 1 2021

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 20:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 49 2429285 penyebab-persib-bandung-diserang-badai-cedera-jelang-turun-di-liga-1-2021-AYe18G0wlO.jpg Wander Luiz (kanan) dan Beckham Putra berlatih bersama Persib. (Foto: Persib.co.id)

BANDUNG - Para pemain Persib Bandung banyak yang mengalami cedera selama masa persiapan jelang Liga 1 2021. Ini dialami sejak tim mengarungi Piala Menpora 2021 lalu hingga sekarang.

Mereka yang mengalami cedera adalah Abdul Aziz, Wander Luiz, Dedi Kusnandar, Beckham Putra, hingga teranyar Teja Paku Alam dengan patah tulang hidungnya. Ada juga Mario Jardel yang mengalami cedera engkel. Apa yang salah sehingga pemain Persib dilanda badai cedera?

Wander Luiz

(Wander Luiz mengalami cedera. (Foto: Persib.co.id)

Pelatih Robert Alberts berdalih badai cedera pemainnya tidak terlepas dari lamanya mereka tidak menjalani pertandingan. Sejak pandemi melanda lebih dari setahun lalu, para pemain kehilangan rutinitasnya bertanding sepakbola.

Di saat kondisi belum siap, para pemain justru dihadapkan pada turnamen Piala Menpora yang kompetitif. Hanya melakukan persiapan selama dua pekan, mereka kemudian tampil dengan laga padat dan keras.

"Bisa dilihat pemain belum siap untuk melakukan (pertandingan berat) itu," ujar Robert, Senin.

Soal cedera, pria asal Belanda itu menyebut ada beberapa faktor. Abdul Aziz misalnya, dia mengalami cedera karena belum siap bertanding dalam laga kompetitif usai setahun lebih tak merasakan bertanding.

BACA JUGA: Eks PS Tira Sansan Fauzi Bergabung ke Persib Bandung

"Bisa dilihat juga (Wander) Luiz, dia juga cedera karena belum siap bermain di laga kompetitif. Jadi, di pramusim, kami membangun tim dengan laga latih tanding, tapi (pertandingan) di Piala Menpora itu tidak bagus dan kami dipaksa untuk bermain di sana (karena demi mendapatkan izin kompetisi dari Polri)," jelas Robert.

Beruntung, kondisi Aziz dan Luiz sudah mengalami perkembangan positif dari waktu ke waktu. Aziz menjalani pemulihan bagus dan kondisinya semakin kuat.

Abdul Aziz

(Abdul Aziz saat berlatih bersama Persib. (Foto: Persib.co.id)

Sementara itu, Wander Luiz tak lagi merasa sakit pada punggungnya dan bisa berlatih penuh dengan tim. Begitu juga Beckham Putra dan Dedi Kusnandar. Kondisi mereka saat ini sudah fit.

Di luar tidak siapnya kondisi pemain dengan laga kompetitif, ada juga cedera yang dialami di luar dugaan. Kasus yang menimpa Teja Paku Alam misalnya. Sang pemain mengalami cedera karena berbenturan dengan Ardi Idrus saat game internal.

"Ada cedera yang bisa dialami kapan saja seperti yang dialami Teja," ungkap Robert.

Teja Paku Alam sendiri sudah menjalani operasi untuk menangani tulang hidungnya yang patah. Namun, ia belum tahu kabar detail soal kondisi terbaru pemain berposisi kiper itu.

"Saya belum tahu bagaimana hasil operasinya, tapi saya harap Teja bisa pulih secepatnya, karena patah tulang hidung proses pemulihannya cepat," jelas mantan pelatih PSM Makassar itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini