5 Pemain Keturunan yang Berpotensi Perkuat Timnas Indonesia di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 51 2428338 5-pemain-keturunan-yang-berpotensi-perkuat-timnas-indonesia-di-playoff-kualifikasi-piala-asia-2023-Ctw4Z1k8tF.jpg Kevin Diks saat membela klub asal Denmark, Aarhus GF. (Foto: Instagram/@kevindiks2)

SEBANYAK lima pemain keturunan berpotensi memperkuat Timnas Indonesia di playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang bergulir medio September dan Oktober 2021. Nama-nama yang dibahas di bawah ini kencang dikabarkan bakal mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI).

Salah satunya adalah fullback kiri yang bermain di Liga Norwegia bersama Viking FK, Shayne Pattynama. Ia mengaku sang agen yakni Fardy Bachdim sedang membantunya untuk berseragam Timnas Indonesia.

“Hei! Saya pasti tertarik! Agen saya adalah Fardy Bachdim dan dia sudah mengerjakannya! Makalah sudah dikirim!,” jawab Shayne Pattynama saat ditanya mantan pemain Timnas Indonesia, Jhonny Van Beukering via direct message Instagram.

Lantas, siapa saja 5 pemain yang dimaksud?

Berikut 5 pemain keturunan yang berpotensi perkuat Timnas Indonesia di playoff Kualifikasi Piala Asia 2023:

5. Shayne Pattynama (Viking FK)

Shayne Pattynama

Kehadiran Shayne Pattynama merupakan berkah luar biasa bagi pertahanan Timnas Indonesia. Sebab, bek bertinggi badang 188 sentimeter ini tak hanya tangguh dalam bertahan, namun juga fasih saat menyerang.

Terbukti bersama sang klub musim ini, Shayne Pattynama telah mengoleksi satu gol dan satu assist dari lima pertandingan. Agen Shayne Pattynama, Fardy Bachdim pun mengaku pernah dihubungi perwakilan PSSI.

“Ada beberapa yang bertanya pada saya tentang Shayne Pattynama. Juga dari tim nasional yang menanyakan. Meminta dokumen tetapi tidak tau apakah benar benar serius, jadi mari kita lihat,” kata agen Shayne Pattynama, Fardy Bachdim, mengutip dari Twitter @FT_IDN.

4. Sandy Walsh (KV Mechelen)

sandy walsh

Sandy Walsh merupakan satu dari sekian pemain berdarah Indonesia yang berharap mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI). Sandy Walsh memiliki darah Indonesia sang ibunda, Brigitta Portier, yang mempunyai orangtua asal Indonesia.

Jika benar Sandy Walsh mendapatkan status WNI, ini merupakan kabar yang membahagiakan bagi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Sebab, pelatih asal Korea Selatan ini dapat mengandalkan Sandy Walsh di sejumlah posisi.

Sekadar informasi, meski berposisi asli sebagai fullback kanan, tapi Sandy Walsh juga dapat diperankan sebagai winger kanan dan bek tengah. Dengan tinggi badannya yang menjulang, yakni 186 sentimeter, membuat Timnas Indonesia mempunyai pemain yang dapat berduel di udara.

Lantas bagaimana kiprah Sandy Walsh bersama KV Mechelen di Liga Belgia 2020-2021? Meski berposisi sebagai fullback kanan maupun terkadang ditempatkan di bek tengah, Sandy Walsh juga dapat diandalkan membantu penyerangan. Musim ini bersama KV Mechelen, Sandy Walsh mengoleksi tiga gol dan tiga assist.

Sandy Walsh bahkan mengaku sudah dhubungi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Hal itu saat dihubungi akun Instagram @indofootballhd via direct Instagram.

“Halo bro, apakah benar anda diminta bergabung ke timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong?,” tanya akun Instagram @indofootballhd.

BACA JUGA: Tunggu Panggilan Timnas Indonesia, Pemain Keturunan Ini Bisa Jadi The Next Patrick Kluivert

“Hai teman, ya kami sudah berkontak tentang proses saya. Dia bertanya apakah saya ingin bergabung dan saya mengatakan kepadanya bahwa itu akan menjadi perasaan yang luar biasa untuk bergabung dengan Garuda (Timnas) Indonesia,” jawab Sandy Walsh

3. Kevin Diks (Aarhus GF)

Kevin Diks

Kevin Diks yang mempunyai darah Indonesia dari sang ibunda, saat ini membela klub kasta tertinggi Liga Denmark, Aarhus GF. Bahkan, Kevin Diks sejatinya berstatus pemain Fiorentina (Liga Italia) yang sedang dipinjamkan ke Aarhus GF hingga 30 Juni 2021.

Kevin Diks yang pernah main di Liga Champions bersama Feyenoord Rotterdam ini berposisi asli sebagai fullback kanan. Namun, Kevin Diks dapat diperankan di posisi fullback kiri dan gelandang bertahan.

Pemain yang mengaku tertarik membela Timnas Indonesia ini, tercatat mengemas 8 gol dan dua assist di sepanjang musim ini bersama sang klub. Jadi, tunggu apa lagi PSSI?

2. Ragnar Oratmangoen (Go Ahead Eagles)

Ragnar Oratmangoen

Setelah mencetak delapan gol dan membawa SC Cambuur promosi ke Liga Belanda 2021-2022, Ragnar Oratmangoen diboyong Go Ahead Eagles, klub yang juga memastikan tempat di kasta teratas musim depan. Pemain yang biasa mentas di posisi winger kanan ini mengaku siap jika mendapat panggilan Timnas Indonesia.

“Ya, aku pernah ditanya orang dan waktu itu aku juga bilang akan senang (bergbung dengan Timnas Indonesia). Seluruh tantangan dan pengalaman yang menyertai sepertinya menyenangkan,” kata Ragnar Oratmangoen, mengutip dari Instagram @indofootballhd.

1. Ezra Walian (Persib Bandung)

Ezra Walian

Berbeda dengan nama lain, Ezra Walian sudah mendapatkan status WNI, setelah sebelumnya sempat mengalami kendala dokumen. Ezra Walian mendapat kepastian status WNI pada awal pekan lalu yang dikonfirmasi langsung Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

"Benar, arahan Ketum PSSI agar proses alih status Ezra Walian jadi prioritas dan bersyukur hari ini kami terima surat dari FIFA tentang keputusan dari Komite Status Pemain mengenai status pemain pemain tersebut," kata Yunus Nusi mengutip dari laman resmi PSSI, Senin (21/6/2021).

"Putusan tersebut menyatakan bahwa permohonan PSSI untuk perubahan asosiasi atas nama pemain Ezra Walian diterima, dan Ezra Walian berhak memiliki kesempatan membela skuad Timnas Indonesia di turnamen apapun," tambah Yunus Nusi.

Kehadiran Ezra Walian merupakan tenaga tambahan bagi Timnas Indonesia. Sebab, Ezra Walian sempat tajam-tajamnya. Terbaru, mantan pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam ini menjadi runner-up top skor Piala Menpora 2021 dengan tiga gol.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini