Share

Pernah Imbangi Timnas Belgia, Finlandia Harap Ada Kejutan di Laga Pamungkas Grup B Piala Eropa 2020

Antara, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 51 2428223 pernah-imbangi-timnas-belgia-finlandia-harap-ada-kejutan-di-laga-pamungkas-grup-b-piala-eropa-2020-DaB5A9Pjys.jpg Pelatih Timnas Finlandia Markku Kanerva. (Foto/Reuters)

SAINT PETERBURG - Tim nasional Finlandia berharap bisa menciptakan kejutan kontra Belgia. Kedua tim akan melakoni laga pemungkas Grup B Piala Eropa 2020 di Saint Petersburg, Rusia, pada Selasa, 23 Juni dini hari WIB.

Pelatih kepala Finlandia, Markku Kanerva mengakui bahwa ada jurang yang besar antara timnya dengan Belgia. Pasalnya, Belgia besutan Roberto Martinez berstatus sebagai tim peringkat pertama dunia menurut FIFA.

Foto/Reuters

Namun, ia berharap bisa mengulangi raihan positif saat masa-masa awal pekerjaannya sebagai pelatih Finlandia. Tim asuhannya pernah menahan imbang Belgia 1-1 pada 1 Juni 2016 dalam sebuah laga persahabatan.

Baca juga: Rombak Skuad Timnas Italia saat Lawan Wales, Ini Alasan Roberto Mancini

Terlebih hasil imbang kemungkinan akan cukup bagi Finlandia untuk lolos ke babak 16 besar, baik sebagai runner-up Grup B maupun salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik turnamen.

"Hasil imbang mungkin cukup bagi kami untuk lolos," kata Kanerva dilansir Reuters.

Baca juga: Bale Puas Lihat Perjuangan Wales untuk Lolos ke Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

"Saat saya memulai menjadi pelatih kepala di Finlandia, salah satu pertandingan awal adalah laga persahabatan melawan Belgia dan kami meraih hasil imbang," ujarnya menambahkan.

Bahkan jika mampu menciptakan kejutan lebih besar dengan mengalahkan Belgia, Finlandia bisa merebut status juara Grup B.

"Kami masih punya peluang memenangi grup ini, penentuannya ada di tangan kami," ujar Kanerva.

"Yang terpenting adalah kami tetap fokus atas hal-hal yang bisa kami kendalikan, permainan kami sendiri," katanya melengkapi.

Hasil mengejutkan melawan tim-tim besar bukanlah sesuatu yang jarang diraih Finlandia, mengingat mereka juga pernah mengalahkan Prancis --yang berstatus juara Piala Dunia 2018-- dengan skor 2-0 dalam pertandingan persahabatan November tahun lalu.

Foto/Reuters

"Sekarang kami menghadapi tim peringkat satu dunia, pengalaman melawan Prancis memberi gambaran bagaimana cara mengalahkan tim-tim besar," tutup Kanerva.

Saksikan siarang langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNews TV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini