Terpuruk, tapi Low Pede Timnas Jerman Bisa Kalahkan Portugal di Piala Eropa 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 19 Juni 2021 07:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 51 2427588 terpuruk-tapi-low-pede-timnas-jerman-bisa-kalahkan-portugal-di-piala-eropa-2020-wekewsINXU.jpg Joachim Low (Foto: Reuters)

MUNICH – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Jerman, Joachim Low, tidak khawatir meski pasukannya memenangkan matchday kedua Grup F Piala Eropa 2020 jika ingin lolos ke babak 16 besar. Padahal, lawan Timnas Jerman pada pertandingan berikutnya adalah sang juara bertahan, yaitu Portugal.

Timnas Jerman membuka Piala Eropa 2020 dengan kekalahan 0-1 dari Prancis. Hasil itu membuat Timnas Jerman berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup F.

Timnas Jerman (Foto: Reuters)

Der Panzer -julukan Timnas Jerman- ada di bawah Portugal (pertama) dan Prancis (dua) yang meraih poin sempurna pada matchday pertama. Keadaan itu membuat Timnas Jerman dalam keadaan terjepit karena akan tersingkir dari Piala Eropa 2020 jika kalah lagi.

Seandainya itu terjadi, Timnas Jerman akan mengulang mimpi buruk di Piala Dunia 2018. Pada tiga tahun lalu, Timnas Jerman berstatus juara bertahan Piala Dunia, tetapi gugur pada fase grup.

BACA JUGA: Florian Neuhaus Gabung Liverpool? Tunggu Kelar Piala Eropa 2020

Tekanan besar ada di pundak Timnas Jerman. Akan tetapi, Low tetap tenang menghadapi tekanan ini. Dia yakin Timnas Jerman bisa mengalahkan Portugal jika lini depannya efektif dalam memanfaatkan peluang.

"Ambisi dan determinasi tim tetap menjadi teladan. Itulah mengapa kami tahu kami bisa membalikkan keadaan. Jika kami bisa lebih kuat di depan, kami bisa mengalahkan Portugal,” ujar Low, dikutip dari BBC, Sabtu (19/6/2021).

Ketajaman memang menjadi pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan Timnas Jerman. Saat kalah dari Prancis, mandulnya lini depan membuat Timnas Jerman tidak berkutik meski mendominasi penguasaan bola.

Ketajaman menjadi masalah bagi Timnas Jerman di Piala Eropa 2020. Sebab, Der Panzer tidak memiliki penyerang haus gol untuk menjadi tumpuan.

Timo Werner (Foto: Reuters)

Padahal, dalam beberapa turnamen mayor sebelumnya, Timnas Jerman selalu memiliki penyerang-penyerang yang bisa menjadi andalan. Ambil contoh, seperti Miroslav Klose dan Mario Gomez.

Low sejatinya membawa beberapa penyerang ke Piala Eropa 2020, yaitu Kevin Volland dan Timo Werner. Sayangnya, kemampuan mereka di depan gawang tidak seperti Klose.

Sekadar informasi, Pertandingan Timnas Jerman kontra Portugal akan berlangsung di Allianz Arena, Sabtu (19/6/2021), malam WIB. Pertandingan itu diprediksi akan berjalan ketat sejak menit pertama.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini