5 Pemain Keturunan yang Bisa Dipanggil Timnas Indonesia, Nomor 1 Pernah Main di Liga Champions

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 51 2427413 5-pemain-keturunan-yang-bisa-dipanggil-timnas-indonesia-nomor-1-pernah-main-di-liga-champions-CIhnx5RDk5.jpg Sandy Walsh tertarik bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@sandywalsh)

SEBANYAK lima pemain keturunan di posisi belakang, bisa dipertimbangkan PSSI. Tujuannya jelas untuk memperbaiki area pertahanan Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang jadi bulan-bulanan di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Dari delapan pertandingan, gawang Timnas Indonesia kemasukan 27 gol! Jika dirata-rata, gawang Timnas Indonesia kemasukan 3,37 gol pertandingan!

Karena itu, tidak ada salahnya bagi PSSI memproses dokumen pemain-pemain di bawah ini, mengingat mereka mempunyai darah Indonesia dan berhak membela skuad Garuda. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 5 pemain keturunan yang bisa dipanggil Timnas Indonesia:

5. Darren Sidoel

Darren Sidoel

Bek berpaspor Belanda yang mempunyai darah Indonesia dari sang ibu ini membela klub kasta ketiga Liga Spanyol, Hercules, di musim 2020-2021. Mempunyai tinggi badan 180 sentimeter, Darren Sidoel dapat diandalkan untuk duel-duel udara.

Musim depan, Darren Sidoel yang baru berusia 23 tahun akan kembali ke klub aslinya, Cordoba. Sama seperti Hercules, Cordoba juga tampil di kasta ketiga Liga Spanyol, yakni Divisi Segunda B.

4. Keziah Veendorp

Keziah Veendorp

Keziah Veendorp yang memiliki darah Indonesia dari sang kakek dan nenek, musim ini membela klub kasta tertinggi Liga Belanda, FC Emmen. Bek berusia 24 tahun ini turun dalam 29 pertandingan bersama FC Emmen di Liga Belanda 2020-2021.

BACA JUGA: Shin Tae-yong Dikabarkan Minta Sandy Walsh Bela Timnas Indonesia, Turun di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023?

Sayangnya, Keziah Veendorp gagal menyelamatkan sang klub dari degradasi. Alhasil, Keziah Veendorp saat ini berstatus tanpa klub setelah tidak memperpanjang kontrak bersama sang klub. Akankah bek bertinggi badan 183 sentimeter ini melanjutkan kiprahnya di Indonesia?

3. Mees Hilgers

Mees Hilgers

Mees Hilgers mempunyai darah Indonesia dari sang ibu. Bek bertinggi badan 183 sentimeter ini sudah mencatatkan tiga penampilan bersama klub kasta teratas Liga Belanda, FC Twente.

Karena itu, pengalaman bermain di Liga Belanda membuat Mees Hilgers dapat membagikan pengalaman kepada pemain-pemain Timnas Indonesia lain. Jadi bagaimana, PSSI?

2. Sandy Walsh

sandy walsh

Sandy Walsh merupakan satu dari sekian pemain berdarah Indonesia yang berharap mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI). Sandy Walsh memiliki darah Indonesia sang ibunda, Brigitta Portier, yang mempunyai orangtua asal Indonesia.

Jika benar Sandy Walsh mendapatkan status WNI, ini merupakan kabar yang membahagiakan bagi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Sebab, pelatih asal Korea Selatan ini dapat mengandalkan Sandy Walsh di sejumlah posisi.

Sekadar informasi, meski berposisi asli sebagai fullback kanan, tapi Sandy Walsh juga dapat diperankan sebagai winger kanan dan bek tengah. Dengan tinggi badannya yang menjulang, yakni 186 sentimeter, membuat Timnas Indonesia mempunyai pemain yang dapat berduel di udara.

Lantas bagaimana kiprah Sandy Walsh bersama KV Mechelen di Liga Belgia 2020-2021? Meski berposisi sebagai fullback kanan maupun terkadang ditempatkan di bek tengah, Sandy Walsh juga dapat diandalkan membantu penyerangan. Musim ini bersama KV Mechelen, Sandy Walsh mengoleksi tiga gol dan tiga assist.

1. Kevin Diks

Kevin Diks

Kevin Diks yang mempunyai darah Indonesia dari sang ibunda, saat ini membela klub kasta tertinggi Liga Denmark, Aarhus GF. Bahkan, Kevin Diks sejatinya berstatus pemain Fiorentina (Liga Italia) yang sedang dipinjamkan ke Aarhus GF hingga 30 Juni 2021.

Kevin Diks yang pernah main di Liga Champions bersama Feyenoord Rotterdam ini berposisi asli sebagai fullback kanan. Namun, Kevin Diks dapat diperankan di posisi fullback kiri dan gelandang bertahan.

Pemain yang mengaku tertarik membela Timnas Indonesia ini, tercatat mengemas 8 gol dan dua assist di sepanjang musim ini bersama sang klub. Jadi, tunggu apa lagi PSSI?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini