Shin Tae-yong Dikabarkan Minta Sandy Walsh Bela Timnas Indonesia, Turun di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 51 2427356 shin-tae-yong-dikabarkan-minta-sandy-walsh-bela-timnas-indonesia-turun-di-playoff-kualifikasi-piala-asia-2023-xqQDb9BxD6.jpg Sandy Walsh saat baru diperpanjang kontrak KV Mechelen hingga 2025. (Foto: Instagram/@sandywalsh)

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong, kabarnya meminta pemain berpaspor Belanda, Sandy Walsh, untuk gabung skuad Garuda. Kabar itu disampaikan akun Instagram @indofootballhd.

Akun tersebut mengirim pesan kepada Sandy Walsh yang kini mentas bersama klub kasta teratas Liga Belgia, KV Mechelen. Mereka bertanya apakah benar Shin Tae-yong menginginkannya untuk membela Timnas Indonesia?

sandy walsh

“Halo bro, apakah benar anda diminta bergabung ke timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong?,” tanya akun Instagram @indofootballhd.

“Hai teman, ya kami sudah berkontak tentang proses saya. Dia bertanya apakah saya ingin bergabung dan saya mengatakan kepadanya bahwa itu akan menjadi perasaan yang luar biasa untuk bergabung dengan Garuda (Timnas) Indonesia,” jawab Sandy Walsh.

Sandy Walsh merupakan satu dari sekian pemain berdarah Indonesia yang berharap mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI). Sandy Walsh memiliki darah Indonesia dari sang ibunda, Brigitta Portier, yang mempunyai orangtua asal Indonesia.

Jika benar Sandy Walsh mendapatkan status WNI, ini merupakan kabar yang membahagiakan bagi Shin Tae-yong. Sebab, pelatih asal Korea Selatan ini dapat mengandalkan Sandy Walsh di sejumlah posisi.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Andalkan Pemain Naturalisasi dan Skuad Senior di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023?

Sekadar informasi, meski berposisi asli sebagai fullback kanan, tapi Sandy Walsh juga dapat diperankan sebagai winger kanan dan bek tengah. Dengan tinggi badannya yang menjulang, yakni 186 sentimeter, membuat Timnas Indonesia mempunyai pemain yang dapat berduel di udara.

Lantas bagaimana kiprah Sandy Walsh bersama KV Mechelen di Liga Belgia 2020-2021? Meski berposisi sebagai fullback kanan maupun terkadang ditempatkan di bek tengah, Sandy Walsh juga dapat diandalkan membantu penyerangan.

sandy walsh

(Sandy Walsh saat berada di SUGBK)

Terbukti dari 24 penampilan di Liga Belgia 2020-2021, Sandy Walsh mengemas tiga gol dan tiga assist. Jadi, akankah Sandy Walsh dipanggil saat Timnas Indonesia turun di babak playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023?

Rencananya pada Kamis, 24 Juni 2021, digelar drawing playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Sebanyak empat tim akan tampil di babak tersebut, yakni Timnas Indonesia, Kamboja, Taiwan dan Guam.

Berhubung ditempatkan di pot 1 bersama Kamboja, skuad Garuda akan menghadapi salah satu dari Guam dan Taiwan di babak tersebut. Babak playoff akan digelar kandang dan tandang. Laga leg I dilangsungkan pada 7 September, sedangkan leg II digelar pada 12 Oktober 2021.

Jika Timnas Indonesia memenangkan laga playoff, mereka akan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Hal itu berarti ada dua tim dari babak playoff yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Total ada 24 negara yang tampil di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini