Timnas Indonesia Andalkan Pemain Naturalisasi dan Skuad Senior di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 51 2427312 timnas-indonesia-andalkan-pemain-naturalisasi-dan-skuad-senior-di-playoff-kualifikasi-piala-asia-2023-AScKzXzbcZ.jpg Shin Tae-yong saat memimpin sesi latihan Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Setelah berkas Ezra Walian komplet, netizen pun bertanya-tanya, apakah ada pemain lain yang dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)? Medio awal pekan ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Yunus Nusi mengatakan, soal naturalisasi pemain selanjutnya menunggu arahan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

“Terkait proses naturalisasi pemain lainnya, kami masih menunggu rekomendasi dan road map dari pelatih Shin Tae-yong. Saat ini ia dan pemain timnas Indonesia masih menjalani karantina sesuai tiba dari Dubai, UEA pada Sabtu (12/6/2021) kemarin," kata Yunus Nusi, mengutip dari laman resmi PSSI.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong jadi penentu apakah Timnas Indonesia menggunakan pemain naturalisasi tambahan atau tidak).

Jika mengacu kepada rekomendasi Shin Tae-yong, pelatih asal Korea Selatan itu tak segan memanggil pemain-pemain naturalisasi. Kelana dan Luah Mahessa, dua pemain berdarah Indonesia asal Jerman sempat mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

Bahkan jika pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol dapat berjalan maksimal, alias tidak ada pembatasan karena Covid-19, berpotensi ada banyak pemain keturunan yang ikut menjalani TC saat itu.

Saat ini, beredar kabar ada empat nama pemain berpaspor Belanda yang menunggu daftar panggil Timnas Indonesia. Mereka ialah Sandy Walsh (fullback kanan, KV Mechelen), Kevin Diks (fullback kanan, Aarhus GF), Shayne Pattynama (fullback kiri, Viking FK) dan Ragnar Oratmangoen (penyerang, SC Cambuur).

Bahkan untuk Shayne Pattynama, pemain yang mentas di kasta teratas Liga Norwegia bersama Viking FK itu, kabarnya sudah mengutus sang agen, Fardy Bachdim, untuk mengubah statusnya menjadi WNI.

BACA JUGA: 4 Pemain Naturalisasi Tambahan dan Skuad Senior, Begini Tampilan Timnas Indonesia di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023?

“Ada beberapa yang bertanya pada saya tentang Shayne Pattynama. Juga dari tim nasional yang menanyakan. Meminta dokumen tetapi tidak tau apakah benar benar serius, jadi mari kita lihat,” kata agen Shayne Pattynama, Fardy Bachdim, mengutip dari Twitter @FT_IDN.

Sekarang yang jadi pertanyaan, jika pemain-pemain di atas segera mendapat status WNI, akankah mereka diturunkan pelatih Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia turun di playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023?

Kevin Diks

(Kevin Diks berharap mendapatkan paspor Indonesia)

Pertanyaan lain muncul, akankah Shin Tae-yong mengandalkan pemain-pemain senior macam Stefano Lilipaly, Marc Klok dan lain-lain di babak playoff? Sebelum berandai-andai, rencananya pada Kamis, 24 Juni 2021, digelar drawing playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Sebanyak empat tim akan tampil di babak tersebut, yakni Timnas Indonesia, Kamboja, Taiwan dan Guam.

Berhubung ditempatkan di pot 1 bersama Kamboja, skuad Garuda akan menghadapi salah satu dari Guam dan Taiwan di babak trsebut. Babak playoff akan digelar kandang dan tandang. Laga leg I dilangsungkan pada 7 September, sedangkan leg II digelar pada 12 Oktober 2021.

Jika Timnas Indonesia memenangkan laga playoff, mereka akan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Hal itu berarti ada dua tim dari babak playoff yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Mereka akan melengkapi 22 tim yang lebih dulu lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Berhubung lolos melalui babak playoff, tim pemenang akan ditempatkan di pot 4.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini