4 Pemain Naturalisasi Tambahan dan Skuad Senior, Begini Tampilan Timnas Indonesia di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 18 Juni 2021 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 18 51 2427190 4-pemain-naturalisasi-tambahan-dan-skuad-senior-begini-tampilan-timnas-indonesia-di-playoff-kualifikasi-piala-asia-2023-8cPbkkAXSY.jpg Irfan Bachdim saat berduel dengan pemain Thailand. (Foto: PSSI)

SEBANYAK empat pemain berpotensi menjadi bagian Tim Nasional (Timnas) Indonesia, layaknya Ezra Walian. Mereka ialah Sandy Walsh (fullback kanan, KV Mechelen), Kevin Diks (fullback kanan, Aarhus GF), Shayne Pattynama (fullback kiri, Viking FK) dan Ragnar Oratmangoen (penyerang, SC Cambuur).

Bahkan untuk Shayne Pattynama, pemain yang mentas di kasta teratas Liga Norwegia bersama Viking FK itu, kabarnya sudah mengutus sang agen, Fardy Bachdim, untuk mengubah statusnya menjadi WNI.

Shayne Pattynama

(Shayne Pattynama (kanan), segera bela Timnas Indonesia?)

“Ada beberapa yang bertanya pada saya tentang Shayne Pattynama. Juga dari tim nasional yang menanyakan. Meminta dokumen tetapi tidak tau apakah benar benar serius, jadi mari kita lihat,” kata agen Shayne Pattynama, Fardy Bachdim, mengutip dari Twitter @FT_IDN.

Jika nama-nama di atas berhasil dinaturalisasi, praktis kabar baik bagi Timnas Indonesia yang akan turun di babak playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada September 2021. Kehadiran nama-nama di atas, plus kembali dipanggilnya pemain-pemain senior, membuat Timnas Indonesia diprediksi akan melewati babak playoff secara optimal.

Lantas, pola apa yang akan digunakan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong? Selama berada di Uni Emirat Arab (UEA) saat menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Shin Tae-yong akrab dengan pola 4-2-3-1.

BACA JUGA: Begini Formasi Timnas Indonesia di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan 4 Pemain Naturalisasi Tambahan?

Bukan tak mungkin, pola tersebut kembali digunakan pelatih asal Korea Selatan tersebut. Untuk posisi penjaga gawang, Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta) bisa kembali dipanggil. Kepemimpinan Andritany dibutuhkan skuad Timnas Indonesia di laga-laga krusial.

Kemudian, empat bek sejajar dapat dipercayakan kepada Sandy Walsh, Elkan Baggott, Bagas Adi dan Shayne Pattynama.

Elkan Baggott

(Elkan Baggott bisa kembali perkuat Timnas Indonesia)

Selanjutnya untuk gelandang double pivot, Kevin Diks dan Evan Dimas dapat diandalkan. Benar, Kevin Diks bisa berperan sebagai fullback kanan. Namun, eks pemain Fiorentina ini juga bisa beroperasi sebagai gelandang bertahan.

Untuk posisi winger kanan, dapat diisi penyerang yang membawa Cambuur SC promosi ke kasta teratas Liga Belanda, Ragnar Oratmangoen. Di sepanjang musim 2020-2021, pemain yang biasa mengemas mentas di posisi winger kanan ini mengoleksi sembilan gol dari 29 pertandingan.

Kemudian untuk winger kiri ada Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly bertugas sebagai second striker dan ujung tombak ditempati Ezra Walian. Jadi, akankah skema ini terealisasi di playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023?

Timnas Indonesia akan mengetahui lawan mereka di babak playoff pada Kamis, 24 Juni 2021. Guam dan Taiwan merupakan dua calon lawan Timnas Indonesia di babak tersebut.

Berikut prediksi susunan pemain Timnas Indonesia di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023.

(4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa; Sandy Walsh, Elkan Baggot, Bagas Adi, Shayne Pattyname; Kevin Diks, Evan Dimas; Ragnar Oratmangoen, Witan, Stefano Lilipaly; Ezra Walian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini