Begini Formasi Timnas Indonesia di Playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan 4 Pemain Naturalisasi Tambahan?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 51 2426895 begini-formasi-timnas-indonesia-di-playoff-kualifikasi-piala-asia-2023-dengan-4-pemain-naturalisasi-tambahan-bJIDQslWBh.jpg Timnas Indonesia saat menghadapi Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. (Foto: PSSI)

SETELAH menyelesaikan dokumen Ezra Walian, ada empat pemain naturalisasi yang berpotensi memperkuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Bahkan bukan tak mungkin, empat pemain naturalisasi ini ambil bagian saat Timnas Indonesia turun di playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada September 2021.

Lantas, siapa saja empat pemain naturalisasi yang dimaksud? Mereka ialah Sandy Walsh (fullback kanan, KV Mechelen), Kevin Diks (fullback kanan, Aarhus GF), Shayne Pattynama (fullback kiri, Viking FK) dan Ragnar Oratmangoen (penyerang, SC Cambuur).

Shayne Pattynama

(Shayne Pattynama (kanan) berpotensi perkuat Timnas Indonesia)

Sejauh ini, Shayne Pattynama yang paling kencang dikabarkan mendapatkan status Warga Negara Indonesia (WNI).

“Ada beberapa yang bertanya pada saya tentang Shayne Pattynama. Juga dari tim nasional yang menanyakan. Meminta dokumen tetapi tidak tau apakah benar benar serius, jadi mari kita lihat,” kata agen Shayne Pattynama, Fardy Bachdim, mengutip dari Twitter @FT_IDN.

Jika keempat nama di atas bisa gabung Timnas Indonesia saat melakoni playoff babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada September 2021, praktis membuat skuad Garuda semakin kuat. Berhubung Timnas Indonesia gagal total saat menggunakan pola 4-2-3-1, pelatih Shin Tae-yong berpotensi menggunakan formasi 4-4-2.

BACA JUGA: Kacau! Media Vietnam Sebut 3 Pemain Timnas Indonesia Positif Covid-19

Jika mayoritas pemain yang kemarin dibawa ke Dubai masih dipertahankan, posisi penjaga gawang kemungkinan diisi Nadeo Argawinata. Kemudian, empat bek sejajar ditempati Sandy Walsh, Rizky Ridho, Arif Satria dan Shayne Pattynama.

Kemudian, winger kanan dapat ditempati Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman di sisi sebelahnya. Untuk duo gelandang sentral, Evan Dimas dan Kevin Diks dapat diduetkan.

Untuk Kevin Diks, pemain berpaspor Belanda ini memang biasa mentas sebagai fullback kanan. Namun, eks pemain Fiorentina ini juga dapat diperankan sebagai gelandang bertahan.

Ragnar Oratmangoen

(Ragnar Oratmangoen dapat diandalkan Timnas Indonesia)

Bagaimana untuk posisi ujung tombak kembar? Ezra Walian dan Ragnar Oratmangoen dapat dipilih. Ragnar Oratmangoen dalam kepercayaan diri tinggi karena baru saja membawa SC Cambuur promosi ke kasta teratas Liga Belanda. Di sepanjang musim 2020-2021, pemain yang biasa mengemas mentas di posisi winger kanan ini mengoleksi sembilan gol dari 29 pertandingan.

Berikut prakiraan formasi Timnas Indonesia di playoff kualifikasi Piala Asia 2023:

(4-4-2): Nadeo Argawinata; Sandy Walsh, Rizky Ridho, Arif Satria, Shayne Pattyname; Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Evan Dimas, Kevin Diks; Ragnar Oratmangoen, Ezra Walian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini