Share

Hasil Piala Eropa 2020: Kalahkan Swiss, Italia Lolos ke 16 Besar

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 17 Juni 2021 03:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 17 51 2426417 hasil-piala-eropa-2020-kalahkan-swiss-italia-lolos-ke-16-besar-5tFDXnFwCl.jpg Timnas Italia vs Swiss. (Foto: Reuters)

ROMA – Timnas Italia berpesta gol ke gawang Swiss pada matchday kedua Grup A Piala Eropa 2020. Bermain di Stadion Olimpico, Kamis (17/6/2021) dini hari WIB ini, tiga gol berhasil dicetak Italia lewat aksi Manuel Locatelli (26’ dan 52’) serta Ciro Immobile (89’).

Kemenangan ini pun memastikan Italia lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Mereka total sudah meraih dua kemenangan sejauh ini hingga mengemas enam poin. Sejatinya, masih ada satu laga lagi yang tersisa di Grup A, tetapi raihan enam poin Italia sudah cukup untuk membawa mereka melenggang ke 16 besar.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Tampil di hadapan publiknya, Italia berusaha memberi tekanan lebih kepada Swiss. Alhasil, pemain di lini belakang Swiss harus bekerja lebih sibuka sejak awal laga lantaran serangan demi serangan yang terus dibangun Italia.

Sejatinya, pada menit ke-19, usaha tuan rumah dapat membuat bola bersarang ke gawang Swiss. Menyambut sepak pojok dari rekan setimnya, Chiellini melompat di antara dua pemain Swiss dan berhasil menyambut bola hingga berhasil membuahkan gol.

Timnas Italia vs Swiss

Tetapi, wasit menganulir gol tersebut usai menyaksikan tayangan ulang melalui VAR. Chiellini kedapatan melakukan handsball karena bola mengenai lengan Chiellini saat dia menyarangkannya ke dalam gawang.

Selang tujuh menit kemudian, Italia berhasil menebus kegagalannya untuk membuka keunggulan dalam laga ini. Gli Azzurri -julukan Timnas Italia- menggasak gawang Swiss lewat aksi Manuel Locatelli yang memanfaatkan umpan ciamik dari Domenico Berardi dari sisi kiri gawang. Italia unggul 1-0!

Tertinggal, Swiss tak tinggal diam. Mereka berjuang keras untuk bisa menjebol gawang Gianluigi Donnarumma. Salah satu usahanya dilakukan pada menit ke-36. Ricardo Rodriguez berusaha memberi umpan kepada Xherdan Shaqiri yang berada di depan gawang Italia. Sayangnya, usahanya langsung diblok Giovanni Di Lorenzo. Skor 1-0 bertahan hingga jeda turun minum.

Babak Kedua

Italia berhasil melanjutkan kinerja apiknya ke babak kedua. Armada Roberto Mancini dapat terus mengancam pertahanan Swiss hingga akhirnya berbuah gol kala laga babak kedua baru berjalan tujuh menit.

Tepatnya, pada menit ke-52, Italia berhasil menggandakan keunggulannya. Lagi-lagi, gol tercipta lewat aksi Locatelli. Memanfaatkan umpan ciamil dair Barella, Locatelli berhasil meneruskan bola dengan tendangan keras di luar kotak penalti. Tendangannya tak mampu dibendung Sommer hingga berbuah gol. Italia unggul 2-0!

Timnas Italia vs Swiss

Sudah unggul 2-0, Italia tak mengendurkan serangannya. Jelang berakhirnya laga, Italia kembali kebobolan. Kali ini, gol dicetak oleh Ciro Immobile di menit ke-89. Skor 3-0 pun bertahan hingga akhir laga.

Hasil ini cukup membawa Italia lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Kini, Italia tengah menempati posisi puncak klasemen sementara Grup A usai memenang dua kali. Italia unggul dua poin dari Wales yang mengekor di tempat kedua. Kini, Grup A hanya menyisakan satu laga lagi.

Berikut susunan pemain Italia vs Swiss:

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli; Domenico Berardi, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne

Pelatih: Roberto Mancini

Swiss (3-4-1-2): Yan Sommer; Nico Elvedi, Fabian Schaer, Manuel Akanji; Kevin Mbabu, Remo Freuler, Granit Xhaka, Ricardo Rodriguez; Xherdan Shaqiri; Haris Seferovic, Breel Embolo

Pelatih: Vladimir Petkovic

Wasit: Sergei Karasev (Rusia)

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV  

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini