Kejar Target Wasit Berkualitas, Asosiasi Futsal Provinsi Sulawesi Selatan Gelar Kursus Wasit Level 1 Nasional

MNC Media, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 51 2424089 kejar-target-wasit-berkualitas-asosiasi-futsal-provinsi-sulawesi-selatan-gelar-kursus-wasit-level-1-nasional-jeq6NPspWo.jpg AFP Sulsel menggelar kursus wasit futsal. (Foto/AFP Sulsel)

MAKASSAR - Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Selatan bergerak cepat mengupayakan peningkatan kualitas SDM futsal, khususnya kualitas para wasit di daerahnya. Setelah sukses menyelenggarakan Kursus Wasit Level 2 beberapa pekan lalu, AFP Sulsel langsung menggelar Kursus Wasit Level 1 tingkat Nasional yang berakhir Rabu lalu (9/6/2021).

Masyarakat futsal di Sulses menyambut antusias kegiatan ini, terbukti dengan keikutsertaan 32 peserta pada kegiatan ini. Ketua Umum AFP Sulawesi Selatan, Ahmad Susanto mengatakan, nantinya program peningkatan kualitas wasit ini akan diintegrasikan dengan program peningkatan kualitas kompetisi AFP.

Baca juga: Pentingnya Recovery bagi Atlet Futsal Menurut Coach Eko Prabowo, Pelatih Fisik Tim Futsal Cosmo FC

“Kursus wasit ini masih rangkaian dari level 2 yang dilakukan kemarin, kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas SDM wasit di Sulawesi Selatan yang dengan sendirinya akan diikuti oleh peningkatan kualitas turnamen futsal yang bermuara kepada peningkatan kualitas pemain yang dapat membanggakan tim Sulawesi Selatan. Karena turnamen yang baik mampu menghasilkan pemain yang baik pula” ujar Ahmad Susanto.

Baca juga: Tips Tetap Bugar Meski Belum Ada Kompetisi Futsal

Kursus wasit level 1 AFP Sulsel diikuti juga oleh peserta dari luar Sulawesi Selatan. Salah satunya adalah Rukmana Afrizal, penggemar olahraga futsal yang juga anggota TNI AD di Kab. Sorong.

”Saya mengikuti kursus wasit level 1 nasional ini karena ingin melanjutkan jenjang lisensi wasit selanjutnya yang saya miliki sekaligus memperdalam pengetahuan mengenai LOTG. Saya juga ingin melanjutkan cita-cita saya untuk menjadi Wasit Liga Pro dan menjadi Wasit FIFA” ucap Rukmana Afrizal.

Instruktur utama, Ahmad Suparman menjelaskan pentingnya mengikuti kursus lisensi wasit yang berjenjang apabila seseorang ingin memperdalam Peraturan Permainan Futsal yaitu Laws of The Game.

“Kalau memperdalam LOTG tentu harus mengikuti kursus lisensi wasit dibanding kursus pelatih karena di lapangan nanti wasit memposisikan diri sebagai pengadil yang harus lebih memahami peraturan permainan, karena di kursus pelatih tentu lebih banyak mendapatkan materi taktik dan strategi permainan.” ucap Ahmad Suparman.

AFP Sulawesi Selatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama berlangsungnya kursus.

“Tentunya kegiatan ini kita laksanakan sesuai protokol kesehatan. Salah satu langkah yg kami lakukan juga adalah memastikan peserta bebas COVID-19 yang dibuktikan dengan bukti pelaksanaan rapid test berbasis antigen yang dilakukan di tempat kursus.”

(fzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini