Raffi Ahmad hingga Atta Halilintar Beli Klub Bola, Menpora: Bukti Publik Percaya Sepakbola Indonesia

Agregasi KR Jogja, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 49 2424166 raffi-ahmad-hingga-atta-halilintar-beli-klub-bola-menpora-bukti-publik-percaya-sepakbola-indonesia-EoiFk2RMp4.jpg Menpora Zainudin Amali di Istana Kepresidenan. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

YOGYAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyambut positif para pesohor yang membeli mayoritas saham klub Indonesia. Zainudin Amali mengatakan, itu bukti publik sudah memercayai sepakbola Indonesia.

Sekadar informasi, Raffi Ahmad yang notabene artis nomor wahid di Tanah Air, mengakuisisi klub Liga 2, Cilegon United, yang kemudian diubah namanya menjadi RANS Cilegon FC. Kemudian ada juga YouTuber Atta Halilintar yang membeli klub Liga 2, PSG Pati.

Raffi Ahmad

(Raffi Ahmad beli RANS Cilegon FC)

Ada juga putra presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, yang membeli saham mayoritas klub Liga 2, Persis Solo. Karena itu, Menpora bahagia melihat fenomena ini.

“Saya kira ini pertanda semakin baiknya kepercayaan publik pada sepakbola Indonesia. Ini kita jaga dan kami minta pada federasi (PSSI) agar kepercayaan publik bisa dijaga. Kami bersama seluruh stakeholder juga akan menjaga, tugas kita menjaga,” terang Zainudin saat sesi jumpa pers di sela sosialisasi Inpres nomor 3 tahun 2019 di Royal Ambarrukmo.

BACA JUGA: Yudha Febrian, Pemain yang Tersandung Kasus Pelecehan Seksual Gabung AHHA PS Pati

Menjaga kepercayaan publik menurut Menpora sangat penting dilakukan agar ekosistem yang terbangun di sepakbola bisa berjalan dengan jangka yang lama dan semakin baik ke depan. Menpora mencontohkan, beberapa hal yang tak lagi boleh terjadi seperti perkelahian antar pemain, wasit yang memihak ataupun isu-isu pengaturan skor yang bisa dirasakan tapi sulit dibuktikan.

“Meski prestasi timnas kita belum seperti yang diharapkan, namun ketika industri sepakbola berjalan hari demi hari semakin baik maka publik akan merasa nyaman untuk memberikan dukungan. Mudah-mudahan juga melalui Inpres 3 tahun 2019 ini sinergi baik pemerintah dan federasi bisa memaksimalkan pembangunan sepakbola di Indonesia,” lanjutnya.

RANS

(Skuad RANS Cilegon FC sedang berlatih)

Sementara, Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto menyatakan pihaknya memiliki komitmen sama dengan pemerintah untuk berupaya menjaga kepercayaan publik pada sepakbola Indonesia. PSSI menurut Iwan memiliki semangat yang sama menghidupkan ekosistem sepakbola yang baik di Indonesia dan memberikan dampak positif pada masyarakat.

“Kami sepakat menjaga trust publik karena itu sangat penting. Ini menjadi misi PSSI yang juga sejalan dengan pemerintah. Ini mengapa pula kami sangat apresiasi Kemenpora menggelar acara sosialisasi menyerap masukan dari Askab/Asprov di daerah yang menjadi hulu pembinaan sepakbola,” ungkap Iwan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini