Laga Pertama Piala Eropa 2020: Italia vs Turki, Dipimpin Wasit Danny Makkelie

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 51 2422899 laga-pertama-piala-eropa-2020-italia-vs-turki-dipimpin-wasit-danny-makkelie-JjUgSHli5D.jpg Danny Makkelie (Foto: Football Italia)

ROMA – Wasit Belanda, Danny Makkelie, mendapatkan kehormatan untuk menjadi pengadil dalam pertandingan pertama Piala Eropa 2020. Pertandingan pertamma akan mempertemukan Italia dengan Turki di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Sabtu 12 Juni 2021, dini hari WIB.

Makkelie 12 kali memimpin pertandingan Gli Azzurri -julukan Italia- dan klub asal Italia yang berakhir dengan empat kemenangan, tiga imbang, dan lima kekalahan. Salah satu pertandingan itu adalah final Liga Europa 2019-2020 antara Sevilla kontra Inter Milan yang berakhir 3-2 untuk kemenangan Los Nervionenses -julukan Sevilla.

Timnas Italia (Foto: Reuters)

Wasit Belanda itu juga pernah memimpin pertandingan untuk sisi Turki. Dia memimpin empat pertandingan yang berakhir dengan dua kemenangan, satu hasil imbang, dan satu kekalahan.

Makkelie memiliki segudang pengalaman sebagai wasit. Akan tetapi, sebagai manusia, dia juga pernah melakukan kesalahan saat memimpin pertandingan.

 BACA JUGA: Jadwal Siaran Langsung Fase Grup Euro 2020 di MNC Group

Anda ingat pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup A antara Portugal kontra Serbia yang berakhir dengan amukan Cristiano Ronaldo? Makkelie adalah pengadil dalam pertandingan itu.

Pertandingan Portugal kontra Serbia berlangsung di Stadion Rajko Mitic, Minggu 28 Maret 2021. Portugal mendominasi permainan, tetapi mendapatkan perlawanan berarti dari tuan rumah.

Skor 2-2 pun terpampang yang menandakan pertandingan berjalan ketat. Akan tetapi, Portugal seharusnya bisa memenangkan pertandingan itu jika gol Ronaldo di penghujung waktu disahkan Makkelie.

Makkelie menganulir gol Ronaldo karena menilai bola belum melewati garis gawang. Padahal, tayangan ulang menunjukkan bola telah melewati garis gawang dengan sempurna sebelum disapu keluar oleh pemain Serbia.

Timnas Turki (Foto: Istimewa)

Makkelie teguh pada keputusannya karena asisten wasit Mario Diks pun tidak memberikan pendapat berbeda. Alhasil, pertandingan berakhir imbang dengan skor 2-2.

Buntut dari kejadian itu adalah permintaan maaf Makkelie pada Portugal dan pemecatan Diks. Tugas Diks sebagai asisten wasit dalam tim Makkelie diambil alih oleh Jan de Vries.

Saat memimpin pertandingan Italia kontra Turki, Makkelie dibantu Hessel Steegstra dan De Vries sebagai asistennya. Selain mereka, Kevin Blom akan menjadi wasit di VAR ditemani Pol van Boekel dan Christian Gittelmann.

Sementara itu, ofisial keempat adalah seorang wasit wanita bernama Stephanie Frappart. Dia adalah wasit wanita pertama yang menjadi memimpin Piala Super Eropa serta pertandingan Liga Champions.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini