Terungkap! Ini Alasan Persib Bandung Belum Datangkan Penggati Omid Nazari

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 22:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 49 2423342 terungkap-ini-alasan-persib-bandung-belum-datangkan-penggati-omid-nazari-hACVZsrwuU.jpg Omid Nazari (kanan) saat membela Persib. (Foto: Persib.co.id/Gregorius A.K)

BANDUNG - Persib Bandung masih belum menemukan sosok pengganti Omid Nazari untuk memperkuat tim mengarungi Liga 1 2021. Pemain asing Asia yang dibidik pun tak kunjung datang.

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, sendiri menjanjikan pemain bidikannya bakal merapat usai memperkuat timnas negaranya di Kualifikasi Piala Dunia. Namun, hingga kini belum ada tanggal pasti. Apalagi, kontrak juga belum ditandatangani.

Omid Nazari

(Omid Nazari saat bela Persib Bandung. (Foto: Persib.co.id)

Pria asal Belanda itu pun mengungkap kenapa perekrutan pemain pengganti Omid Nazari begitu lambat. Sebab, sosok gelandang dengan kualitas seperti Omid tak bisa ditemukan di Indonesia, baik lokal maupun asing. Kalaupun ada, pemain itu sudah diikat tim lain.

Sehingga, Robert memilih berburu pemain lain yang belum pernah bermain di Indonesia. Ada banyak pemain yang ditawarkan padanya, tapi tak ada yang sesuai dengan keinginannya.

"Pemain yang kami butuhkan itu punya peran spesifik. Ada banyak pemain bagus di sana dan banyak pemain yang menjalin komunikasi, tapi mereka tidak masuk dengan peran yang dibutuhkan," ujar Robert.

Perburuan Persib Bandung sebenarnya sempat berakhir ketika bisa mendatangkan kapten Timnas Afghanistan Farshad Noor. Namun, kemampuan sang pemain ternyata berbeda dengan Omid Nazari. Ujungnya, sang pemain harus dilepas lebih cepat.

Persib Bandung sendiri butuh gelandang dengan kemampuan istimewa, yaitu piawai memutus serangan lawan, jadi penghubung antarlini, hingga andal mengatur irama permainan.

BACA JUGA: Kacau! Persib Bandung Jadikan Ezra Walian dan Ferdinand Sinaga Pemain Pelapis?

Di balik pencoretan yang dilakukan, Robert menyebut Farshad Noor sebenarnya bukan pemain buruk. Akan tetapi, dari karakter bermain, Farshad Noor bukan tipikal pemain yang dibutuhkannya.

"Saya diberitahu siapa yang bisa mengisi peran itu, Farshad, tapi melihat di turnamen, bukan pemain sepertinya yang kami cari. Dia pemain yang bagus, tapi bukan yang Persib Bandung butuhkan dalam posisi yang spesifik tersebut," jelas pria berpaspor Belanda itu.

Farshad Noor

(Farshad Noor batal dikontrak Persib Bandung. (Foto: Persib.co.id)

Menurut Robert, ada kesulitan tersendiri bagi tim Indonesia, termasuk Persib, dalam berburu pemain asing yang tak pernah bermain di Indonesia. Sebab, skema talent scouting alias pencari bakat belum dijalankan dengan baik di Indonesia seperti di Eropa.

"Itu adalah masalah sejak lama, kami tidak berada di situasi seperti di Eropa. Bahwa ketika membutuhkan pemain dengan peran tertentu, sistem scouting mengidentifikasi sosok yang dibutuhkan dan pada prinsipnya membeli pemain itu," paparnya.

Di Indonesia, kondisinya justru berbeda. Saat ingin mencari pemain dari luar negeri, seringkali yang didapatkan adalah pemain berstatus bebas transfer. Tak jarang pelatih yang berburu informasi untuk mencari pemain.

Perburuan pemain pun kadang terhambat. Sebab, pemain yang diincar biasanya masih terikat kontrak dengan klub asalnya dan timnya masih bermain di kompetisi. Sehingga, hanya pemain bebas transfer yang lebih mudah didapatkan.

"Di beberapa bagian di dunia, seperti di sini, kami tidak bisa keluar mencari pemain dan membelinya, tetapi mencari pemain yang free transfer," ungkap Robert.

Kondisi itu semakin pelik. Sebab, pemain yang dibutuhkan kemampuanya tak hanya harus sesuai ekspektasi tim pelatih. Sang pemain sangat diharapkan bisa menyesuaikan diri dengan filosofi klub dan suporternya. Hal itu juga berlaku di Persib Bandung.

"Kami harus mencari pemain yang spesifik dibutuhkan di posisi tersebut dan sesuai dengan filosofi maupun budaya di sini. Pemain harus bisa merasa nyaman. Sehingga, ketika Bobotoh sudah bisa memenuhi stadion lagi, mereka bisa mengapresiasi pemain tersebut," tandas Robert.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini