5 Pelatih Terbaik di Piala Eropa 2020, Deschamps Urutan Teratas

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 51 2422723 5-pelatih-terbaik-di-piala-eropa-2020-deschamps-urutan-teratas-luHRIvpsGv.JPG Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps (Foto: Reuters)

GELARAN Piala Eropa memang menjadi salah satu kompetisi sepakbola yang paling dinantikan publik dunia. Turnamen antarnegara Eropa empat tahun sekali ini selalu berhasil menyuguhkan pertandingan-pertandingan seru dan menarik yang dilakoni para pesepakbola top.

Bukan hanya persaingan antar pemain, adu strategi dari para pelatih kelas dunia juga bakal tersaji. Dilansir dari laman Sportskeeda, Kamis (10/6/2021), berikut lima pelatih dengan ranking tertinggi di Piala Eropa 2020.

5. Fernando Santos (Portugal)

 

Sosok Fernando Santos yang berpengalaman membuat ekspektasi tinggi dialamatkan kepada timnas Portugal pada ajang Piala Eropa 2020. Santos adalah sosok pelatih yang membawa Cristiano Ronaldo menjadi kampiun pada edisi sebelumnya atau di Piala Eropa 2016 lalu.

Pelatih 66 tahun itu dikenal memiliki karakter yang cerdik. Santos juga memiliki segudang pengalaman sebagai pelatih diantaranya dengan menangani klub-klub seperti FC Porto, Sporting CP hingga Benfica.

4. Roberto Martinez (Belgia)

 

Generasi emas Tim Nasional (Timnas) Belgia hampir berakhir. Ajang Piala Eropa 2020 bisa jadi merupakan turnamen terakhir bagi generasi berbakat yang pernah dihasilkan negara tersebut.

Sosok Roberto Martinez pun diharapkan untuk lebih bisa meramu strategi terbaik bagi Kevin De Bruyne dan rekan-rekan. Pelatih 47 tahun itu diminta untuk memanfaatkan skuad bertabur bintang untuk meraih gelar juara pada gelaran kali ini.

3. Luis Enrique (Spanyol)

Luis Enrique menjadi sorotan setelah memutuskan hanya mengirim 24 pemain dari jatah 26 pemain yang untuk Piala Eropa 2020. Meski demikian, hal tersebut dipastikan takkan membuar Timnas Spanyol kehilangan kekuatan dengan kualitas para pemain mereka saat ini.

Luis Enrique sendiri merupakan sosok pelatih yang cukup disegani dengan berbagai pencapaiannya saat menangani Barcelona. Akan tetapi, sejumlah masalah menimpa skuad L Furia Roja jelang bergulirnya gelaran Piala Eropa 2020 dimana sejumlah pemain mereka termasuk Sergio Busquets dan Diego Llorente dinyatakan positif Covid-19.

Timnas Spanyol bahkan harus menjalani karantina dan melewatkan laga uji coba kontra Lithuania. Pada laga tersebut mereka bahkan terpaks harus menurunkan para penggawa Timnas U-21.

2. Roberto Mancini (Italia)

 

Kegagalan mengejutkan Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2018 membuat Gli Azzurri memecat Gian Piero Ventura dan menunjuk Roberto Mancini sebagai manajer.

Mancini akan menjadi salah satu manajer paling berprestasi di ajang Piala Eropa 2020. Pelatih asal Italia itu memenangkan Serie A tiga kali bersama Inter Milan dan Liga Inggris sekali dengan Manchester City.

Pria berusia 56 tahun itu baru saja memperpanjang kontraknya hingga 2026. Mancini juga dikenal tidak takut bereksperimen dengan pemilihan skuatnya dan Italia dipastikan akan menjadi negara yang berbahaya untuk dihadapi di ajang Piala Eropa 2020.

1. Didier Deschamps (Prancis)

Nama Didier Deschamps berada di posisi teratas pada daftar kali ini. Hal itu tidak terlepas dari keberhasilannya membawa Timnas Prancis meraih trofi Piala Dunia pada 2018 lalu.

Mengingat kualitas luar biasa skuad Les Bleus di setiap posisi, tidak mengherankan jika mereka dianggap sebagai favorit untuk memenangkan Euro 2020.

Meskipun banyak talenta menyerang yang dimilikinya, manajer Prancis Didier Deschamps lebih suka menggunakan gaya permainan yang lebih pragmatis. Strategi tersebut terbukti dramatis, dengan Prancis memenangkan Piala Dunia 2018 di bawah manajemen Deschamps.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini