Regulasi Liga 1 Sering Diubah Dadakan, Pelatih Persib Bandung Kesal

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 49 2419261 regulasi-liga-1-sering-diubah-dadakan-pelatih-persib-bandung-kesal-xRA9I1xDDi.jpg Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts. (Foto: Persib.co.id/Amandeep Rohimah))

BANDUNG - Pelatih Persib Bandung Robert Alberts merasa jengah dengan aturan kompetisi di Indonesia. Sebab, kerap ada perubahan regulasi yang diumumkan mendadak.

Pria asal Belanda itu pun menyimpan harapan tersendiri pada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Ia ingin tak ada perubahan regulasi yang pengumumannya mepet jelang pelaksanaan kompetisi.

Robert Rene Alberts

(Pelatih Persib, Robert Rene Alberts. (Foto: Persib.co.id)

"Setiap tahun regulasi (kompetisi) mengalami perubahan dan pemberitahuannya sesaat sebelum liga dimulai. Harapan saya, dengan kepemimpinan baru di otoritas sepakbola Indonesia, perubahan dilakukan tidak mendadak," kata Robert, Rabu (2/6/2021).

Alasannya, mengumumkan regulasi sesaat jelang kompetisi bergulir akan membingungkan klub. Sebab, tim sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari berdasarkan regulasi lama. Namun, persiapan itu akhirnya harus menyesuaikan ketika regulasi baru diberlakukan.

Dia mencontohkan jika ada pengurangan pemain asing atau kewajiban mengontrak pemain muda dalam jumlah tertentu, klub akan sulit menyesuaikan. Ketika tim sudah mengontrak empat pemain asing dan harus mendepak sebagian dari mereka akibat regulasi, ada konsekuensi yang harus ditanggung.

BACA JUGA: Mantan Pemain Timnas Indonesia U-19 Siap Bersaing di Lini Tengah Persib Bandung

Klub akan mengalami kerugian karena untuk mendatangkan pemain pasti menggelontorkan dana. Bahkan, pemain asing itu bisa saja berakhir sulit mencari klub baru karena dicoret di waktu yang mepet.

Sebaliknya, jika ada kewajiban menghadirkan pemain muda di tim dalam jumlah tertentu, klub bisa saja memenuhinya. Namun, jika waktunya mepet, pemain muda yang didatangkan bisa saja jadi asal-asalan demi memenuhi regulasi.

Persib Bandung

(Foto: Persib.co.id)

"Jika ingin menerapkan aturan baru seperti pengurangan pemain asing, soal kategori pemain muda di dalam tim, apakah Liga 2 bisa memakai pemain asing, ini semua harus dipersiapkan dan jangan diumumkan hanya sesaat sebelum musim dimulai," jelas Robert.

"Itu pengalaman saya di sepakbola Indonesia sejauh ini. Itu (regulasi) harus direncanakan, jadi kamu bisa katakan 'oke, musim depan kami mulai menerapkan ini', jadi tim, klub, pemain dan staf bisa mempersiapkan itu," tutur eks pelatih PSM Makassar itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini