Van Dijk Absen di Piala Eropa 2020, Robertson: Kerugian Besar bagi Belanda

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 51 2418772 van-dijk-absen-di-piala-eropa-2020-robertson-kerugian-besar-bagi-belanda-JVBRVHHqUE.jpg Virgil van Dijk. (Foto: Reuters)

EDINBURGH – Absennya Virgil van Dijk dari Tim Nasional (Timnas) Belanda saat mentas di Piala Eropa 2020 turut mendapat perhatian dari Andy Robertson yang merupakan rekan setimnya di Liverpool. Menurut Robertson, absennya Van Dijk dipastikan memberi kerugian besar kepada Timnas Belanda.

Sebagaimana diketahui, Pelatih Timnas Belanda, Frank De Boer, telah merilis daftar skuad yang akan diboyongnya mentas di Piala Eropa 2020. Dari 26 pemain yang dipanggil, sayangnya tak ada nama sang bek andalan, Virgil van Dijk.

Virgil van Dijk

Van Dijk tak bisa ikut ambil bagian untuk membela Timnas Belanda lantaran belum pulih dari cedera lutut. Parahnya cedera membuat bek asal Belanda itu harus melewati proses pemulihan yang sangat panjang karena sudah berlangsung sejak awal musim 2020-2021.

Lantaran tak ada Van Dijk, De Boer pun menyerahkan sektor pertahanan kepada Matthijs de Ligt. Bek yang membela Juventus ini akan bergabung bersama Stefan de Vrij, Daley Blind, dan Denzel Dumfries sebagai benteng bertahan Der Oranje –julukan Timnas Belanda.

BACA JUGA: Southgate: Timnas Inggris Pikul Beban Besar di Piala Eropa 2020

Absennya Van Dijk cukup disayangkan oleh Robertson. Sebab, bek yang akan membela Timnas Skotlandia itu berharap bisa turut melihat kehadiran Van Dijk dalam turnamen besar tersebut.

BACA JUGA: 5 Calon Peraih Sepatu Emas Piala Eropa 2020, Nomor 1 Bomber Juventus

“Pada satu titik, mungkin Virgil (van Dijk) bisa tampil di Piala Eropa. Sepertinya, ini akan menjadi pertandingan pertamanya untuk kembali dan saya tidak akan menyukai apa pun selain bermain melawannya,” ujar Robertson, sebagaimana dikutip dari Herald Scotland, Rabu (2/6/2021).

“Saya telah melihat pria besar itu menjalani rehabilitasinya dan sekarang datang melalui sisi lain dengan senyumnya yang semakin lebar lagi. Dia merasa seolah-olah dekat dengan kebugaran dan dekat untuk bermain lagi,” lanjutnya.

“Saya ingin teman-teman saya melakukannya dengan baik dan saya ingin teman-teman saya bermain di turnamen terbesar ketika mereka lolos. Tetapi melihatnya tidak tampil, itu jelas sulit. Namun, dia telah membuat keputusan terbaik untuk kariernya. Dia tampaknya cukup puas dengan keputusan itu,” tutur Skotlandia.

Meski begitu, Robertson tetap menghormati keputusan yang diambil Van Dijk. Dia pun akan sabar menantikan momen comeback Van Dijk yang kemungkinan akan terjadi bersama Liverpool di musim depan.

Andy Robertson

“Jelas, dia kecewa. Tetapi, dia telah membuat keputusan terbaik untuk tubuhnya dan itulah mengapa dia mengesampingkannya,” jelas Robertson.

“Ini kerugian besar bagi Belanda. Jika dia sepenuhnya fit dan siap untuk musim depan, itu jelas dia akan membantu Liverpool karena dia adalah bek terbaik di dunia. Mudah-mudahan dia akan menunjukkannya di musim-musim mendatang,” tukas bek berusia 27 tahun itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini