Southgate: Timnas Inggris Pikul Beban Besar di Piala Eropa 2020

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 51 2418740 southgate-timnas-inggris-pikul-beban-besar-di-piala-eropa-2020-GgygoXPH2k.jpg Gareth Southgate (Foto: Reuters)

LONDON – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate, tahu The Three Lions -julukan Timnas Inggris- punya target besar di Piala Eropa 2020, yaitu juara. Meski begitu, Southgate berusaha untuk mengatur Timnas Inggris sebaik mungkin agar tidak terbebani dengan target besar itu.

Target juara adalah sesuatu yang wajar karena prestasi Timnas Inggris sebelumnya. Sekadar informasi, Timnas Inggris telah mencapai semifinal pada dua ajang internasional sebelumnya, yaitu Piala Dunia 2018 dan UEFA Nations League (UNL) 2019-2020.

Gareth Southgate (Foto: Reuters)

Timnas Inggris menyegel posisi keempat di Piala Dunia 2018 setelah kalah 0-2 dari Belgia. Selanjutnya, The Three Lions mengalahkan Swiss dalam adu penalti untuk mendapatkan peringkat ketiga di UNL 2019-2020.

Alhasil, Timnas Inggris minimal harus mencapai semifinal di Piala Eropa 2020, seperti prestasi mereka di dua ajang internasional sebelumnya, jika tidak mau dicap gagal. Setelah mencapai semifinal, Timnas Inggris bisa fokus pada target besar mereka, yaitu menjadi juara.

BACA JUGA: Gareth Southgate Resmi Tunjuk 26 Pemain Timnas Inggris untuk Piala Eropa 2020

Peluang Timnas Inggris untuk mewujudkan target itu pun cukup besar. Sebab, The Three Lions diperkuat para pemain berkualitas di Piala Eropa 2020.

BACA JUGA: Sempat Akan Coret Trent Alexander-Arnold dari Skuad Timnas Inggris, Southgate: Itu Kabar Bohong

Mayoritas pemain dalam skuad Timnas Inggris sekarang sama seperti yang tampil di dua ajang internasional sebelumnya. Beberapa pemain muda berbakat pun ada di dalam skuad Timnas Inggris sekarang yang akan menambah kualitas The Three Lions.

“Ya, mungkin akan (dicap gagal jika tidak sampai semifinal). Saya pikir kami realistis tentang itu, kami harus hidup dengan harapan itu. Kami tahu kegembiraan di sekitar tim dan itu hebat, kami sekarang relevan,” kata Southgate, dikutip dari Sky Sports, Rabu (2/6/2021).

“Ekspektasi lebih rendah (di Piala Dunia 2018). Kami memiliki beberapa pemain yang menarik dan saya tidak berpikir para pemain ini berada di puncaknya. Saya pikir, ketika saya melihat beberapa pemain yang bekerja dengan kami, itu sangat menarik untuk Inggris di masa depan,” ucap juru taktik asal Inggris itu.

Timnas Inggris (Foto: Twitter/@England)

“Saya harus mencoba mengelola ekspektasi terhadap para pemain. Saya menerima situasi sebagai manajer, ada ekspektasi, saya harus mewujudkannya,” tuturnya.

Sementara itu, Timnas Inggris tergabung ke Grup D bersama Kroasia, Republik Ceko, dan Skotlandia. Jika menilik kekuatan dari setiap tim di Grup D, Timnas Inggris dan Kroasia seharusnya lolos langsung ke babak 16 besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini