Demi Gelar Liga 1 2021, Persib Bandung Hadapi Dua Tim Berbeda dalam Sehari

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Rabu 02 Juni 2021 04:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 02 49 2418659 demi-gelar-liga-1-2021-persib-bandung-hadapi-dua-tim-berbeda-dalam-sehari-Mrbp2v3zr9.jpg Suasana latihan Persib Bandung. (Foto: Persib.co.id/Amandeep Rohimah)

BANDUNG - Misi Persib Bandung menjadi penantang serius kampiun Liga 1 2021 bukan main-main. Pelatih Robert Alberts memberi latihan ekstra keras sejak tim kembali berlatih pada awal pekan lalu.

Di fase awal, para pemain hanya diberi latihan ringan. Selanjutnya, intensitas latihan langsung tinggi dan akhir pekan lalu diakhiri dengan game internal.

Persib Bandung

(Suasana latihan Persib Bandung. (Foto: Persib.co.id)

Terdekat, Robert bakal melakukan tes fisik bagi para pemainnya. Itu akan jadi tes fisik kedua karena tes pertama sudah dilakukan pekan lalu. Ia ingin mengukur sejauh mana hasil latihan mandiri dan latihan bersama yang dilakukan selama ini.

"Kami mematok target yang cukup tinggi dari pemain karena kami tahu liga sudah dekat," kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Selasa 1 Juni 2021.

Namun, dia membatasi target tinggi pencapaian kondisi para pemainnya. Sebab, target terlalu tinggi dikhawatirkan justru berdampak buruk bagi pemain dan perjalanan awal Persib di kompetisi.

"Kami tidak bisa mematok target yang terlalu tinggi karena takut membuat pemain mengalami cedera," ungkapnya.

Pria berpaspor Belanda itu mengatakan, saat ini kondisi para pemain sudah siap jika harus menjalani pertandingan satu kali sepekan. Sebab, program latihan sejauh ini memang dirancang untuk mencapai kondisi tersebut dan sudah terpenuhi.

Namun, dia mengantisipasi jadwal Liga 1 yang kerap tak ideal. Sebab, berkaca dari pengalaman, tim bisa bermain hingga tiga kali dalam sepekan. Karena itu, kondisi fisik para pemainnya perlu disiapkan untuk menghadapi kemungkinan itu.

BACA JUGA: Start Bagus di Liga 1 2021, Persib Bandung Jadi Juara?

"Kami harus meningkatkan daya tahan, kebugaran, kecepatan, dan kekuatan, jadi (saat ini) tidak bisa bermain terlalu banyak (dalam sepekan)," ucap mantan juru taktik PSM Makassar itu.

Siapkan Dua Laga Sehari

Robert Rene Alberts

(Pelatih Persib, Robert Rene Alberts)

Bersama tim pelatih, Robert sudah mengagendakan program latihan secara detail. Dia juga mengatur ritme latihan agar kemampuan para pemainnya meningkat dan meminimalisir cedera.

Untuk program latihan di dalam dua pekan awal di bulan Juni, dia bakal kembali mengombinasikan latihan di lapangan dan tempat kebugaran. Di akhir pekan, para pemain akan menjalani laga uji coba sebagai puncak dari rangkaian latihan selama sepekan.

"Tapi, di pekan ketiga Juni, kami bisa saja memainkan tiga laga dalam sepekan. Intensitas latihan (akan berjalan) ringan, tapi intensitas laga meningkat," tutur Robert.

Dengan cara seperti itu, dia berharap bisa melihat sejauh mana kondisi fisik dan kesiapan tim secara keseluruhan untuk mengarungi kompetisi. Sehingga, jika di kompetisi nanti tim harus bermain padat dalam sepekan, para pemainnya sudah terbiasa sejak pramusim.

"Dari sana bisa dilihat bagaimana hasil kami melakukan persiapan, apakah sanggup untuk memainkandua sampai tiga laga sepekan," jelasnya.

Untuk lawan uji coba Persib Bandung, manajemen kini sedang berusaha menghadirkan tim dari Liga 2 dan Liga 3. Robert bahkan berharap bisa melakoni dua laga di hari yang sama. Tujuannya agar semua pemain bisa mendapat kesempatan bermain.

"Di pramusim tujuannya adalah semua pemain bisa bermain dan bukan hanya beberapa saja, itulah tujuan diadakan pramusim. Seperti turnamen yang dimainkan (Piala Menpora 2021) juga, kami menurunkan sebanyak mungkin pemain," paparnya.

Namun, diakuinya bukan hal mudah mendatangkan lawan uji coba dengan pemain yang cukup untuk melakoni dua laga dalam sehari. Solusinya, dalam satu hari, dia ingin mendatangkan dua tim sekaligus, termasuk untuk uji coba akhir pekan ini.

"Yang kami cari sekarang adalah jika tim lawan tidak punya cukup banyak pemain, maka kami mencari dua tim. Karena target kami adalah semua pemain tampil selama 90 menit. Jadi, kami akan memainkan dua laga latih tanding sabtu ini, karena ini adalah bagian dari latihan," tandas Robert.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini