Start Bagus di Liga 1 2021, Persib Bandung Jadi Juara?

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Selasa 01 Juni 2021 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 01 49 2418443 start-bagus-di-liga-1-2021-persib-bandung-jadi-juara-uktsA9oQ2p.jpg Febri Hariyadi saat dibayangi Zalnando. (Foto: Laman resmi Persib Bandung)

BANDUNG - Persib Bandung melalui Liga 1 2020 lalu dengan hasil manis. Saat itu, Persib Bandung menang dalam tiga laga dan jadi pemuncak klasemen.

Namun, kompetisi akhirnya terhenti akibat pandemi COVID-19. Bahkan, Liga 1 2020 pun akhirnya benar-benar dihentikan total. Pencapaian yang ada pun dianggap hangus begitu saja.

Zalnando

(Zalnando, fullback Persib Bandung. (Foto: Persib.co.id)

Pemain bertahan Zalnando pun berharap rekor manis menuai kemenangan dalam tiga laga itu terulang lagi. Hasil serupa diharapkan diraih saat Persib tampil di Liga 1 2021.

Sebab, langkah awal yang bagus diyakini bakal berakhir bagus. Bahkan, peluang meraih juara bakal lebih terbuka lebar.

"Itu (tiga kemenangan di Liga 1 2020) sebenarnya bagus ya. Karena kalau tim start-nya bagus, Insya Allah ke depannya bagus kalau konsisten. Semoga di musim selanjutnya bisa sama, start bagus dengan sapu bersih tiga poin (menang) di tiga pertandingan awal," ujar Zalnando di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Senin 31 Mei 2021.

Zalnando sendiri kini tengah mempersiapkan diri bersama tim di bawah arahan arsitek Robert Alberts. Berbagai porsi latihan berusaha dilahap sebaik mungkin. Hasilnya, dia merasa kondisi para pemain lebih baik setelah memasuki latihan pekan kedua, termasuk dirinya.

Untuk mewujudkan misi juara, pemain yang bisa bermain sebagai bek kiri dan kanan itu mengakui bakal berat. Sebab, tim lain juga pasti mempersiapkan diri dengan serius agar bisa jadi juara.

Namun, dia sudah punya sedikit gambaran soal peta persaingan yang ada. Apalagi setelah sempat digulirkannya Piala Menpora 2021, dia bisa memantau langsung kekuatan calon pesaing Persib merengkuh titel juara.

BACA JUGA: Menurut Bek Persib Bandung, Ini 3 Calon Kuat Juara Liga 1 2021

"Ya, (peserta Piala Menpora) bisa jadi gambaran. Meskipun Persipura enggak ikut, (secara umum) setidaknya sudah ada gambaran. Dari segi kondisi fisik, semua tim belum tentu berada di terbaiknya, tapi setidaknya kita sudah lihat komposisi pemain segimana," jelas Zalnando.

Tak Masalahkan Format

Persib Bandung

(Foto: PT LIB)

Zalnando sendiri tidak mempermasalah rencana format kompetisi yang berbeda dibanding biasanya. Format seri bakal diterapkan dan seluruh pertandingan dipusatkan di Pulau Jawa.

Dia memaklumi jika format berbeda diberlakukan untuk kompetisi musim depan. Sebab, pandemi masih belum berakhir. Jika konsep itu dianggap yang terbaik, pria asal Kota Cimahi, Jawa Barat itu sangat siap menerimanya.

"Kalau masalah format kan mengikuti situasi sekarang. Jadi, hal yang wajar formatnya diganti selagi masih sesuai regulasi," ungkapnya.

Selain itu, dia juga tak keberatan jika Liga 1 digelar mulai 10 Juli. Yang terpenting baginya adalah kompetisi bisa benar-benar bergulir setelah setahun vakum.

"Masalah itu mau tanggal 10 atau berapa, yang penting kita fokus di persiapan. Tanggal berapapun, ya, kita siap," tegas Zalnando.

Siap Bersaing Sehat

Ardi Idrus

(Ardi Idrus, pesaing Zalnando. (Foto: Persib.co.id)

Untuk mengarungi kompetisi musim depan, secara pribadi Zalnando mengaku ingin lebih berkontribusi langsung lagi bagi tim. Untuk mewujudkannya, dia perlu menembus jajaran skuat inti 'Maung Bandung'.

Namun, bukan hal mudah mendapat tempat sebagai starter. Dia harus bersaing keras dengan pemain lain, terutama Supardi Nasir dan Ardi Idrus. Apalagi, ada juga sosok lain seperti Henhen Herdiana dan bek muda potensial Bayi Fiqri.

Zalnando sendiri tak gentar dengan persaingan yang ada. Kondisi itu justru dirasa makin melecut motivasinya agar bisa mencuri hati sang pelatih dan memberinya kepercayaan tampil.

Dia pun memandang komposisi pemain bertahan yang kompetitif bakal bagus untuk tim. Selain secara personal pemain bakal terpacu, kondisi ini lebih memudahkan pelatih karena punya banyak opsi.

"Bagus untuk tim karena lebih kompetitif dan kebaikannya untuk Persib Bandung juga ke depannyadepannya untuk meningkatkan performa tim," tandas Zalnando.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini