Tak Lama Lagi, Izin Liga 1 2021 dari Kapolri Segera Terbit

Bagas Abdiel, Jurnalis · Minggu 30 Mei 2021 21:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 30 51 2417629 tak-lama-lagi-izin-liga-1-2021-dari-kapolri-segera-terbit-JKL155knYZ.jpeg Zainudin Amali (Foto: Laman resmi Kemenpora)

JAKARTA – Kepastian tentang penyelenggaraan Liga 1 2021 sudah ada di depan mata. Sejauh ini, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) masih melakukan proses untuk memberikan izin keramaian terhadap Liga 1 dan Liga 2 2021.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali sendiri telah menjamin bahwa izin Liga 1 dan Liga 2 2021 segera terbit. Ia meminta kepada para Komite Eksekutif (Exco) PSSI tidak usah khawatir karena tentang izin keramaian tersebut.

Kapolri

Menurutnya, surat izin tersebut belum turun karena Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, sedang berada di Papua. Ia yakin, jika Kapolri sudah di Jakarta, maka proses surat izin keramaian akan segera selesai.

“Saya sudah menandatangani rekomendasi untuk digelarnya Liga 1 dan Liga 2. Jadi, saya jamin surat izin keramaian dari Polri akan segera turun. Kini kita hanya menunggu kehadiran Kapolri di Jakarta,” ujar Zainudin Amali pada saat membuka Kongres Biasa PSSI pada Sabtu 29 Mei 2021.

Baca juga PSSI Gelar Kongres Tahunan, Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Segera Bergulir

Sementara itu, Media Corporate dan Public Relation Manager PT LIB, Hanif Marjuni, telah menyampaikan bahwa proses izin dari Kapolri masih berlangsung. Sehingga saat ini semuanya masih menuggu tentang kapan Kapolri akan mengumumkannya.

Baca juga Liga 1 2021, Arema FC Desak Pembicaraan Ulang soal Regulasi Prokes dan Biaya Operasional

“Semua masih dalam proses dari pihak Mabes Polri,” ucap Hanif saat dihubungi oleh MNC Portal Indonesia, Minggu (30/5/2021).

Seperti diketahui, sejumlah pihak berperan dalam rencana bergulirnya kompetisi ini di antaranya Kemenpora, Kemenkes, BNPB, Satgas Covid-19, dan Polri. Izin dari kepolisian ini menjadi sangat penting. Sebab, jika izin tersebut tidak turun, maka tidak akan ada kompetisi sepak bola.

“InsyaAllah, saya menjamin izin itu akan keluar. Kita menunggu Kapolri (Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo), dan saya akan koordinasi (lebih lanjut). Siapkan saja masing-masing timnya,” kata Menpora dikutip laman resmi Kemenpora.

Zainudin Amali mengatakan Kemenpora telah menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait beberapa hari lalu. Masing-masing pihak menyampaikan pandangan terkait keberlangsungan kompetisi.

Zainudin Amali

“Beberapa hari lalu kita rakor ya. Memang harus ada rekomendasi. Jadi, masing-masing peserta rakor memberikan paparannya terkait pelaksanaannya. Mohon pengertian dan dimaklumi, inilah situasi yang dihadapi,” katanya.

Lebih lanjut, Menpora Amali menyebut kunci untuk dikeluarkannya izin kompetisi, yaitu Piala Menpora 2021. Setelah bergulir sekitar sebulan, akhirnya turnamen pramusin itu berlangsung lancar dan sukses.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini