Raffi Ahmad Sambut Langkah Menpora Dorong Klub Indonesia Melantai di Pasar Modal

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 29 Mei 2021 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 49 2417163 raffi-ahmad-sambut-langkah-menpora-dorong-klub-indonesia-melantai-di-pasar-modal-fAkMLDY605.jpg Raffi Ahmad dan Zainudin Amali. (Foto: Kemenpora)

JAKARTA – Pemilik klub sepakbola RANS Cilegon FC, Raffi Ahmad, menyambut langkah Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, untuk mendorong klub sepakbola Indonesia melantai di pasar modal. Raffi sendiri meyakini bahwa semua klub sepakbola bisa masuk ke pasar modal.

Sebagaimana diketahui, Menpora Zainudin Amali mengeluarkan pernyataan yang mendorong klub sepakbola Indonesia untuk masuk ke pasar modal. Hal ini disampaikan Menteri berusia 59 tahun itu saat bertemu Raffi Ahmad di Kantor Kemenpora, Jakarta, pada Kamis 27 Mei 2021.

Raffi Ahmad

Dorongan untuk masuk ke pasar modal ini disampaikan Zainudin Amali karena menilai keberlangsungan sepakbola akan lebih terjamin jika menjadi sebuah industri. Raffi Ahmad pun menyambut pandangan tersebut.

BACA JUGA: Menpora Dorong Klub Sepakbola Masuk Pasar Modal, Bali United Sudah Melantai Sejak 2019

Sebab, Raffi Ahmad menilai sepakbola nasional yang didorong ke arah industri akan menjadi hal yang baik. Bahkan, menurut Raffi, sepakbola Indonesia bisa dipadukan antara olahraga dan hiburan.

BACA JUGA: Menpora Zainudin Amali Ajak Klub Sepakbola Indonesia Masuk Pasar Modal

“Saya ingin memajukan sepakbola. Kalau sekarang di luar negeri, sepakbola itu bisa menjadi entertain juga. Jadi, saya ingin memajukan sport dan entertainment. Kita coba kolaborasikan sport dan entertainmentnya,” ujar Raffi, sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenpora, Sabtu (29/5/2021).

"Semua tim sangat bisa untuk masuk pasar modal. Mungkin nanti lini usahanya bisa dianekaragamkan seperti membuat merek makanan atau 'apparel' sendiri. Potensi ke sana sangat besar," lanjutnya.

Sejauh ini, sudah ada satu klub sepakbola di Indonesia yang diketahui sudah mulai masuk ke pasar modal. Klub tersebut ialah Bali United. Mereka sudah melantai di Bursa Efek Indonesia mulai 2019.

Menpora Zainudin Amali

Langkah Bali United tentunya diharapkan bisa diikuti oleh klub-klub lain di sepakbola Indonesia. Klub-klub sepakbola lain di Indonesia diharapkan bisa masuk ke Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO).

Di luar negeri, sudah ada banyak klub sepakbola yang melantai ke pasar modal. Beberapa di antaranya ialah Manchester United, Borussia Dortmund, Ajax Amsterdam, FC Porto, dan AS Roma.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini