Menpora Zainudin Amali Ajak Klub Sepakbola Indonesia Masuk Pasar Modal

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 29 Mei 2021 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 29 49 2417127 menpora-zainudin-amali-ajak-klub-sepakbola-indonesia-masuk-pasar-modal-ZHiwKR0Qvw.jpg Menpora RI, Zainudin Amali. (Foto: Kemenpora RI)

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, mendorong klub sepakbola di Indonesia untuk masuk ke pasar modal. Sebab, dengan menjadi sebuah industri, keberlangsungan sepakbola dipercaya Zainudin Amali akan lebih terjamin.

Sejauh ini, baru ada satu klub sepakbola di Tanah Air yang diketahui sudah mulai masuk ke pasar modal. Klub tersebut ialah Bali United. Mereka sudah melantai di Bursa Efek Indonesia mulai 2019.

Menpora Zainudin Amali

Langkah Bali United tentunya diharapkan bisa diikuti oleh klub-klub lain di sepakbola Indonesia. Menteri berusia 59 tahun itu pun mendorong agar klub sepakbola masuk ke Penawaran Umum Perdana Saham atau Initial Public Offering (IPO).

BACA JUGA: 5 Stadion Terkecil di Indonesia, Siapa Saja?

Hal ini disampaikan Zainudin Amali usai bertemu dengan pemilik klub RANS Cilegon FC, yakni Raffi Ahmad. Pertemuan itu berlangsung di Kantor Kemenpora, Jakarta.

BACA JUGA: RANS Cilegon dan Arema FC Kolaborasi, Raffi Ahmad Tawarkan Uji Nyali ke Tempat Angker

"Kita mendorong supaya industri olahraga khususnya industri sepakbola ini makin bergairah,” ujar Menpora Zainudin Amali, sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenpora, Sabtu (29/5/2021).

"Makin banyak klub yang masuk IPO di pasar modal, saya kira kelanjutan dari kehidupan klub makin terjamin dan kualitasnya tentu tetap bisa terjaga,” lanjutnya.

Upaya yang dilakukan Menpora Zainudin Amali ini pun disambut baik oleh Raffi Ahmad. Sebagai pemilik klub yang akan berlaga di Liga 2 itu, Raffi menilai sepakbola nasional yang didorong ke arah industri akan menjadi hal yang baik.

Raffi Ahmad

Raffi juga turut menyambut upaya Menpora untuk menghidupkan kembali kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Kompetisi ini rencananya akan mulai digelar pada awal Juli 2021.

“Saya ingin memajukan sepakbola. Kalau sekarang di luar negeri, sepakbola itu bisa menjadi entertain juga. Jadi, saya ingin memajukan sport dan entertainment. Kita coba kolaborasikan sport dan entertainmentnya,” tutur Raffi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini