5 Stadion Terkecil di Indonesia, Siapa Saja?

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 25 Mei 2021 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 25 49 2415193 5-stadion-terkecil-di-indonesia-siapa-saja-TfJsbnWvCc.jpg Stadion 17 Mei. (Foto/Barito Putera)

LIMA stadion terkecil di Indonesia menjadi rumah bagi sejumlah klub-klub yang berlaga di Liga 1, kompetisi kasta tertinggi di Indonesia. Meski berkapasitas minim, stadion tetap layak untuk mempertandingan laga-laga sengit.

Beberapa stadion yang masuk dalam daftar ini telah mengalami renovasi. Bahkan di antara stadion sudah berusia puluhan tahun dan tetap menjadi kandang bagi klub yang menjadikannya sebagai markas.

Berikut 5 stadion terkecil di Indonesia menyadur dari berbagai sumber:

5. Stadion Segiri

Stadion Segiri berlokasi di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Stadion didirikan sekitar 1960 hingga selesai 1970. Pada 2008, stadion mengalami renovasi sebagai persiapan PON XVII.

Borneo FC menggunakan Stadion sebagai kandang mereka. Daya tampung stadion diperkirakan mencapai 13.000 penonton.

Foto/Wikimedia Commons

Baca juga: 5 Pemain Terbaik Musim 2020-2021, Nomor 1 Paling Tajam

Baca juga: 5 Kapten Tim Sepakbola Terhebat Sepanjang Sejarah, Ada yang Mampu Bangkit dari Insiden Mengerikan

4. Stadion Mattoangin

Stadion ini merupakan kandang bagi PSM Makassar. Lokasi stadion berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Foto/Wikimedia Commons

Stadion ini dulunya adalah perkebunan milik pemerintah Hindia Belanda. Namun, Indonesia merdeka, Andi Mattalatta yang merupakan mantan panglima Kodam XIV/Hasanuddin, mengubah perkebunan menjadi stadion sepakbola.

Oleh karena itu stadion dikenal juga dengan nama Stadion Andi Mattalatta. Stadion mulai digunakan pada Juli 1957 untuk penyelenggaraan PON ke-4. Saat ini stadion memiliki kapasitas 15.000.

3. Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan

Stadion ini berada di Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Madura United menjadikan Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan sebagai markas mereka.

Foto/Liga Indonesia Baru

Stadion dibuka pada 2016 silam. Setahun berselang stadion mengalami renovasi di bagian rumput.

Sementara kapasitas stadion mampu menampung 13.500 penonton. Selain Madura, stadion juga menjadi rumah bagi Persepam Utama dan Pamekasan FC.

2. Stadion 17 Mei

Stadion ini berada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Stadion 17 Mei menjadi rumah bagi klub sepakbola Barito Putera.

Foto/Barito Putera

Stadion sudah tiga kali mengalami perombakan, yakni 2007, 2010, dan 2013. Stadion kini bisa menampung 15.00 penonton.

1. Stadion Tuah Pahoe

Stadion ini berada di kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Kalteng Putra FC menjadikan Stadion Tuah Pahoe sebagai kandang mereka.

Stadion didirikan pada 1970 dan sudah mengalami renovasi. Terakhir renovasi dilakukan di bagian rumput. Saat ini stadion mampu menampung 5.000 penonton.

Foto/Wikimedia Commons 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini