UEFA Konfirmasi Ambil Tindakan Disipliner untuk Real Madrid, Juventus, dan Barcelona

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 26 Mei 2021 04:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 26 51 2415592 uefa-konfirmasi-ambil-tindakan-disipliner-untuk-real-madrid-juventus-dan-barcelona-pVJJB7s0rX.jpg UEFA (Foto: Media UEFA)

NYON – Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) mengonfirmasi akan mengambil tindakan disipliner terhadap ketiga klub raksasa yakni Real Madrid, Juventus dan Barcelona. Tindakan ini dilakukan terkait keterlibatan ketiga tim tersebut dalam proyek Liga Super Eropa yang telah gagal.

Seperti diketahui, sebelumnya ada 12 klub di Eropa yang bertekad membentuk kompetisi Liga Super Eropa dalam waktu dekat. Akan tetapi, ajang tersebut mendapat pertentangan, termasuk dari UEFA hingga penggemar sepakbola.

Barcelona

Alhasil sembilan klub pun memutuskan untuk keluar dari proyek tersebut dan kini menyisakan tiga klub. Sejauh ini, Real Madrid, Juventus, dan Barcelona belum memisahkan diri dan masih memiliki rencana untuk membangun kembali kompetisi eksklusif tersebut.

Baca juga Jelang Piala Eropa 2020, Covid-19 Membayangi 11 Negara Tuan Rumah

Akan tetapi, UEFA tidak tinggal diam. Setelah memberi ancaman keras, kali ini UEFA resmi membuka penyeledikan untuk mengambil tindakan disipliner yang akan diberikan kepada ketiga klub tersebut. Hal tersebut disampaikan UEFA melalui laman resminya.

Baca juga FIGC dan Juventus Cari Jalan Keluar untuk Masalah Liga Super Eropa

“Menyusul penyelidikan yang dilakukan oleh UEFA Ethics and Disiplinary Inspectors sehubungan dengan apa yang disebut proyek Liga Super,” bunyi pernyataan UEFA dalam laman resminya, Rabu (26/5/2021).

“Proses disipliner telah dibuka terhadap Real Madrid, FC Barcelona, dan Juventus untuk potensi pelanggaran kerangka hukum UEFA,” tambah pernyataan tersebut.

“Informasi lebih lanjut akan tersedia pada waktunya,” tutup pernyataan UEFA.

Sebelumnya, UEFA telah memberikan hukuman kepada sembilan klub yang sempat terlibat dalam mendirikan Liga Super Eropa. Hukuman tersebut berupa denda dan posisi mereka di kompetisi Eropa masihlah aman.

Juventus

Sementara, ketiga klub tersisa menghadapi ancaman besar untuk mendapat hukuman berat dari UEFA. Salah satunya adalah tidak diperkenankan tampil di kompetisi Eropa, seperti halnya Liga Champions atau Liga Eropa.

Andai itu terjadi, maka hukuman tersebut akan menjadi kerugian besar. Sebab, sejauh ini kompetisi Liga Champions telah mendapat perhatian dari pecinta sepakbola, bahkan bukan hanya untuk pecinta sepakbola di Eropa, tetapi di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini