5 Stadion Tercanggih di Dunia, Nomor 1 dari Asia dan Bikin Takjub

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 51 2411595 5-stadion-tercanggih-di-dunia-nomor-1-dari-asia-dan-bikin-takjub-ulmySyLY8H.jpg National Stadium, Taiwan. (Foto/KLCBS)

STADION umumnya dibangun untuk menampung para suporter yang ingin menyaksikan langsung tim favoritnya berlaga. Namun, nilai dasar pembangunan stadion terus mengalami pergeseran.

Banyak stadion yang dibangun dengan teknologi super canggih dan rancangan yang menwan. Hal itu diperuntukkan demi kenyamanan penonton dan keindahan serta menambah gengsi tim yang menjadikan stadion tersebut sebagai markas mereka saat laga kandang.

Berikut ini lima stadion tercanggih yang disadur dari Dream Team FC:

5. Allianz Arena, Jerman

Sejauh ini, fitur paling cerdas dari Stadion di Jerman ini adalah eksteriornya yang bercahaya. Fitur yang bisa bercahaya tersebut terbuat dari kertas timah.

Panel udara akan terus mengembang dan tampak putih dari jauh. Setiap panel bisa menyala putih, merah atau biru.

Foto/Reuters

Sebelum pertandingan, stadion akan diterangi dengan warna tim tuan rumah. Merah dan saat Bayern Munich berlaga, dan hitam putih ketika tim nasional Jerman bertanding.

Baca juga: 5 Calon Peraih Sepatu Emas Eropa 2020-2021, Nomor 1 Unggul Jauh

Baca juga: 5 Pemain yang Kariernya Melonjak Setelah Tinggalkan Manchester United, Nomor 1 Mengejutkan

4. Stadion Wembley, Inggris

Pada awal dekade 2000, stadion paling megah di Inggris, Wembley, menjalani pemugaran. Menara kembar yang menjadi ikon Stadion Wembley, dihancurkan. Sebagai gantinya, Wembley kini dikenal dengan lengkungan ikonik di atas atap stadion.

Foto/Reuters

Renovasi terhadap stadion yang dibangun pada 1923 itu memang menelan biaya besar. Namun, sejumlah fasilitas ditingkatkan. Misalnya, sebanyak 90 ribu tempat duduk sengaja didesain senyaman mungkin, baik dari material kursi hingga sudut pandang.

Desain tempat duduk tersebut merupakan terobosan penting dalam arsitektur stadion. Nilai Stadion Wembley kini menyentuh angka USD1,25 miliar (setara Rp18,2 triliun).

3. Sporting Park, AS

Stadion Sporting Park merupakan rumah Sporting Kansas City yang berlaga di Major League Soccer. Meski kapasita stadion hanya 18.000 penonton, namun ada teknologi canggih yang disematkan pada stadion.

Foto/Kansas City

Stadion Sporting Park dibangun dengan mengedepankan kenyamanan penonton khususnya bagi pengguna smartphone. Seramai apa pun di dalam stadion, penonton tetap mendapatkan koneksi internet secara stabil.

Fitur yang paling populer adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan penggemar melakukan streaming video langsung dari aksi di lapangan dan menontonnya dari beberapa sudut berbeda.

2. Sapporo Dome, Jepang

Stadion cerdas ini menampung dua tim sekaligus. Tim bisbol Hokkaido Nippon Ham Fighters dan klub sepakbola Consadole Sapporo.

Keunggulan stadion, permukaan dapat diganti sesuai pertandingan. Jika pertandingan bisbol dimainkan, permukaan akan diganti dengan dengan rumput buatan, sementara pada pertandingan sepakbola akan diubah menjadi menggunakan lapangan rumput alami.

Foto/FIFA

1. Stadion Nasional, Taiwan

Ini adalah stadion terbesar dan terbaik yang dimiliki Taiwan. Stadion berkapasitas 55.000 ribu penonton dan dirancang oleh arsitek Jepang Toyo Ito.

Foto/Wikimedia Commons

Stadion memiliki bentuk panel surya setengah spiral, seperti naga. Panel tersebut mampu mampu memberikan hampir seluruh daya untuk keperluan stadion.

Stadion juga dirancang khusus untuk menyelenggarakan pertandingan sepakbola, rugby, kriket, dan atletik. Membuat stadion menjadi satu-satunya yang menjadi tuan rumah empat olahraga sekaligus.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini