Xavi Hernandez Pelatih Barcelona? Joan Laporta Jadi Penentu

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 18 Mei 2021 12:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 18 46 2411617 xavi-hernandez-pelatih-barcelona-joan-laporta-jadi-penentu-2gxoeNhARl.jpg Xavi Hernandez calon juru taktik Barcelona selanjutnya. (Foto: Instagram/@xavi)

BARCELONA – Xavi Hernandez saat ini sedang berlibur di Barcelona, Spanyol. Rumor pun merebak, akankah kehadiran Xavi Hernandez di Barcelona pertanda sang pelatih akan menangani Blaugrana –julukan Barcelona– musim depan?

Menurut laporan El Periodico, presiden Barcelona Joan Laporta tidak tertarik menjadikan Xavi Hernandez sebagai pelatih. Sejumlah direksi Barcelona memberi saran kepada Joan Laporta bahwa Xavi Hernandez belum layak menangani klub sebesar Barcelona.

Joan Laporta

(Presiden Barcelona, Joan Laporta)

Bahkan, salah satu pembisik merupakan sosok yang mendorong Laporta untuk menunjuk Jose Mourinho sebagai pelatih Barcelona pada 2008. Untungnya, Laporta yang saat itu juga menjabat sebagai presiden Barcelona tidak mengikuti saran orang tersebut.

Laporta kemudian menunjuk Josep Guardiola yang kemudian muncul sebagai pelatih tersukses Barcelona. Bagaimana tidak, kala itu Guardiola menghadirkan 14 trofi hanya dalam empat musim (2008-2012) menangani Barcelona.

Berhubung saran orang tersebut pernah gagal pada 2008, bukan tak mungkin Joan Laporta mengabaikan masukan dari sosok itu. Bukan hal yang mustahil, Joan Laporta kemudian menunjuk Xavi Hernandez sebagai pelatih Barcelona selanjutnya.

BACA JUGA: Ditawari Kontrak 10 Tahun, Lionel Messi Bertahan di Barcelona

Xavi Hernandez yang saat ini berada di Barcelona pun diwawancara Marca. Pria 41 tahun ini tak mau banyak berspekulasi soal masa depannya.

“Saya tidak tahu apa pun. Saya ke sini hanya untuk liburan,” kata Xavi Hernandez mengutip dari Marca, Selasa (18/5/2021).

Xavi Hernandez

(Xavi Hernandez calon kuat pelatih Barcelona selanjutnya)

Xavi Hernandez saat ini terikat kontrak dengan klub asal Qatar, Al-Sadd, hingga 30 Juni 2023. Namun, ada klausul unik di baliknya. Xavi Hernandez bisa kapan saja meninggalkan Al-Sadd untuk menjadi pelatih Barcelona. Hal itu terjadi jika Barcelona menginginkan jasa Xavi.

Karena itu, jika Joan Laporta sewaktu-waktu tertarik kepada Xavi Hernandez, ia bisa saja menunjuk mantan anak buahnya untuk menangani Barcelona. Terlebih, pelatih Barcelona saat ini, Ronald Koeman, di ambang pemecatan.

Menurut RAC1, Ronald Koeman 99 persen akan dipecat Barcelona akhir musim ini. Hal itu karena musim ini, Barcelona gagal total di Liga Spanyol dan Liga Champions.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini