Bos Persib Bandung: Klub Profesional Tak Mau Kompetisi Tanpa Degradasi

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Minggu 16 Mei 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 16 49 2410837 bos-persib-bandung-klub-profesional-tak-mau-kompetisi-tanpa-degradasi-H7ybszBgS4.jpg Skuad Persib Bandung saat turun di Piala Menpora 2021. (Foto: PT LIB)

BANDUNG Persib Bandung merupakan salah satu klub yang menolak wacana kompetisi Liga 1 2021 tanpa degradasi. Menurut Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Umuh Muchtar, kompetisi tanpa degradasi dinilai sebagai sesuatu yang salah total..

"Untuk saya pribadi ya, bukan atas nama Persib, menurut saya kalau nanti sampai tidak ada degradasi, rasanya ini salah, salah," kata Umuh, Minggu (16/5/2021).

Umuh Muchtar

(Umuh Muchtar)

Bagi Umuh, kompetisi idealnya memang digelar dengan adanya promosi dan degradasi. Hal itu akan memacu setiap tim untuk menghadirkan liga yang kompetitif.

Sebab, setiap tim akan berusaha tampil sebaik mungkin agar bisa jadi juara dan terhindar dari jurang degradasi. Sedangkan ketika tanpa degradasi, persaingan hanya akan ketat bagi mereka yang memburu gelar juara saja.

Sedangkan bagi tim papan tengah dan papan bawah, motivasi mereka tak akan sebesar tim papan atas. Sebab, di posisi berapapun mereka finis, pada akhirnya tetap akan bertahan di kasta tertinggi sepakbola Indonesia.

Ia pun meyakini klub profesional yang punya sikap profesional tidak akan setuju jika liga digelar tanpa degradasi. Karena itu, ia sangat menentang jika kompetisi tanpa degradasi itu benar-benar direalisasikan.

"Saya yakin kalau klub yang murni, benar klub (profesional), di situ profesional ya, tidak akan mau (kompetisi tanpa degradasi)," jelas Umuh.

BACA JUGA: 4 Alasan Klub Minta Liga 1 2021 Tanpa Degradasi

Pandemi COVID-19 pun menurutnya tak perlu dijadikan alasan untuk mengusung wacana kompetisi tanpa degradasi. Sebab, baik klub mapan maupun tak mapan, semua tetap berusaha agar bisa tetap 'hidup' seperti sekarang.

Karena itu, ia meminta pihak-pihak terkait mengkaji keputusan kompetisi musin depan matang. Harapan besarnya, kompetisi bisa bergulir normal dengan adanya promosi dan degradasi.

Persib Bandung

(Persib Bandung saat turun di Piala Menpora 2021. (Foto: PT LIB)

"Mudah-mudahan ini nanti dirembukan kembali bersama Exco. Kan kalau pimpinan juga menunggu laporan Exco-nya kan, bukan Pak Iwan (Ketum) yang menentukan. Dirembuk dulu, nanti ini coba klub-klub mau bagaimana, gitu kan suaranya (dipertimbangkan lagi)," jelas Umuh.

Ia pun berharap semua klub fair dan mengedepankan kepentingan sepak bola nasional, bukan semata-mata kepentingan pribadi atau klubnya semata. Exco PSSI juga diharapkan bersikap bijak demi tujuan meningkatkan kualitas sepak bola nasional.

"Silakan saja orang-orang pintar dikaji, dikaji lagi, Exco-nya semua harus kompak. Ini siapa yang pertama mencetuskan dan siapa yang punya ide? Ada kepentingan apa? Tidak boleh lah ya (membawa kepentingan pribadi), semua harus fair, semua yang jadi pengurus itu harus fair, lillahita'ala demi kemajuan sepakbola Indonesia," ujar Umuh.

Gelar juara Liga 1 2021 praktis dibidik Persib Bandung. Tanda-tanda kesiapan Persib Bandung memburu gelar juara terlihat setelah Maung Bandung –julukan Persib Bandung – lolos ke final Piala Menpora 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini