4 Alasan Klub Minta Liga 1 2021 Tanpa Degradasi

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 08 Mei 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 49 2407612 4-alasan-klub-minta-liga-1-2021-tanpa-degradasi-zXrd8wWO5A.jpg Plt Sekjen Yunus Nusi. (Foto/PSSI)

JAKARTA - Menyambut kompetisi Liga 1 2021 sejumlah klub mengusulkan kepada PSSI untuk meniadakan degradasi. Usulan kemudian dibawa dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk dibahas.

Setelah dibahas di rapat Exco PSSI, usulan dari klub-klub itu akan dimintakan persetujuan dalam Kongres Tahunan PSSI yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 29 Mei. Ini dilakukan karena itu keputusan strategis yang harus dibawa ke kongres.

Foto/PSSI

Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan bahwa pihaknya mengakomodasi surat permohonan dari sebagian besar klub Liga 1 dan Liga 2 tentang permohonan kompetisi tanpa degradasi, namun tetap ada promosi, juara Liga 1 dan juara Liga 2 tetap ada.

Baca juga: Liga 1 2021 Tanpa Degradasi, Bos Persib Bandung: Kami Menolak!

“Exco PSSI sebatas memutuskan dalam rapat Exco tanggal 3 Mei 2021 untuk memasukkan agenda ini ke dalam kongres. Nantinya kongres sebagai pengambil keputusan tertinggi dalam organisasi yang akan memutuskan karena terkait dengan jumlah peserta Liga 1 dan Liga 2 di tahun 2022 nanti,” tuturnya mengutip laman PSSI, Sabtu (8/5/2021).

Menurut Yunus Nusi 4 alasan kenapa klub mengusulkan Liga 1 tanpa degradasi.

4. Pandemi Covid-19

Kompetisi masih dalam suasana pandemi Covid-19. Apalagi PSSI, PT Liga Indonesia Baru dan klub juga masih belajar soal protokol kesehatan.

Foto/MPI

3. Potensi Klaster Liga 1

Yunus mengkawatirkan adanya klaster Covid-19 dari kompetisi Liga 1. “Itu akan menyulitkan klub itu untuk bersaing dengan klub-klub lain. Itu tentu menjadi persaingan yang tidak sehat,” kata Yunus.

Menurut dia, situasi di di India di mana kasus covidnya melonjak tajam harus sangat diperhatikan.

“Lalu bagaimana jika itu terjadi di Indonesia. Ini pasti sesuatu yang dilematis,” imbuh Yunus.

Foto/Liga Indonesia Baru

2. Klub Kesulitan Finansial

Semua klub pasti sedang kesulitan di tengah pandemi. Apalagi sponsor juga akan sulit masuk. Demikian juga dengan faktor ekonomi masyarakat yang masih sulit.

1. Penonton Terbatas

Yunus menekankan bahwa pandemi membuat pertandingan sepakbola sangat terbatas bagi penonton untuk hadir menyasikan langsung pertandingan. Imbasnya, kata dia, klub sangat kesulitan untuk mencari pemasukan.

“Dari semua alasan tadi, Exco PSSI akan membawa persoalan ini Kongres Tahunan untuk dimintakan persetujuan. Kalau kongres setuju ya jalan. Kalau tidak ya akan berjalan seperti biasa. Ada promosi dan degradasi,” imbuh Yunus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini