Liga 1 2021 Tanpa Degradasi, Bos Persib Bandung: Kami Menolak!

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Sabtu 08 Mei 2021 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 49 2407564 liga-1-2021-tanpa-degradasi-bos-persib-bandung-kami-menolak-gARo4lCikM.jpg Ezra Walian (kanan) bintang baru Persib Bandung. (Foto: PT LIB)

BANDUNG – Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono, bersuara soal wacana Liga 1 2021 digelar tanpa degradasi. Pria berkacamata itu mengatakan, Persib Bandung menolak wacana Liga 1 2021 dilangsungkan tanpa adanya degradasi.

Ditakutkan jika wacana di atas benar dijalankan, level kompetitif sebuah kompetisi akan menghilang. Karena itu, Teddy Tjahjono menegaskan Persib Bandung menolak wacana Liga 1 2021 tanpa degradasi.

Persib Bandung

(Persib Bandung saat turun di Piala Menpora 2021. (Foto: PT LIB)

"Kami sangat menolak kompetisi Liga 1 tanpa degradasi," kata Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono.

Menurut Teddy Tjahjono , penghapusan degradasi justru bertentangan dengan aturan FIFA dan AFC. Ada prinsip dasar kompetisi yang dianggap melanggar jika wacana itu benar-benar direalisasikan.

"Prinsip dasar dari kompetisi yaitu sporting merit and integrity, itu harus dijalankan. Statuta FIFA dan AFC mengatur dengan sangat jelas mengenai sporting merit and integrity," tegasnya.

Teddy pun berharap PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) meninjau kembali wacana kompetisi tanpa degradasi tersebut. Sebab, ada berbagai sisi negatif yang akan muncul.

BACA JUGA: Semakin Tua, Supardi Nasir Siap Disingkirkan Pemain Muda Persib Bandung

Disinggung soal ada klub yang mendukung, bahkan mengusulkan kompetisi tanpa degradasi, ia tak mau bicara lebih jauh. Yang jelas, 'Maung Bandung' lebih mendukung kompetisi sehat dengan adanya sistem degradasi dan promosi.

"Saya tidak ingin berkomentar mengenai tim lain. Tapi PSSI atau LIB harus menegakkan prinsip dasar kompetisi, yaitu sporting merit and integrity," tegas Teddy.

Persib Bandung

(Foto: PT LIB)

Wacana kompetisi tanpa degradasi ini mencuat dalam rapat Exco PSSI pasa 3 Mei 2021. Beberapa klub mengusulkan wacana ini yang kemudian disambut mayoritas anggota Exco.

Kompetisi tanpa degradasi dianggap realistis di tengah sepakbola nasional yang sedang berusaha bangkit di tengah pandemi COVID-19. Sebab, klub banyak yang dilanda masalah finansial.

Apalagi, kemungkinan liga bakal digelar tanpa penonton mengingat belum ada titik terang kapan pandemi akan berakhir. Hal ini akan berdampak bagi klub karena tidak adanya pemasukan dari penjualan tiket.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini