Hampir Ketuk Palu! Real Madrid, Juventus dan Barcelona Dilarang Tampil di Liga Champions 2 Tahun

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 261 2406976 hampir-ketuk-palu-real-madrid-juventus-dan-barcelona-dilarang-tampil-di-liga-champions-2-tahun-zMGVVThHo6.jpg Juventus bisa dilarang tampil di kompetisi Eropa musim depan. (Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo)

SEBANYAK empat klub yang belum menyatakan mundur dari Liga Super Eropa yakni Real Madrid, Barcelona, Juventus dan AC Milan dalam posisi harap-harap cemas. Sebab, Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) akan menjatuhkan hukuman terberat kepada empat klub di atas.

Menurut laporan ESPN, UEFA akan melarang Real Madrid, Juventus, Barcelona dan AC Milan tampil di seluruh kompetisi UEFA baik itu Liga Champions maupun Liga Eropa selama dua tahun.

Real Madrid

(Real Madrid dalam ancaman UEFA)

Tidak sampai di situ, sanksi finansial berupa denda juga akan diberikan UEFA kepada empat klub di atas. Lantas, bagaimana dengan delapan tim lain yakni Manchester United, Manchester City, Arsenal, Tottenham Hotspur, Liverpool, Atletico Madrid dan Inter Milan yang menyatakan mundur dari Liga Super Eropa?

Masih menurut ESPN, sebanyak delapan klub di atas tetap mendapatkan sanksi dari UEFA meski mengundurkan diri dari Liga Super Eropa. Hanya saja, sanksi yang diberikan masuk kategori ringan.

Lantas, apa dasar UEFA memberikan hukuman berat kepada Real Madrid, Juventus, Barcelona dan AC Milan? UEFA berpandangan, empat klub di atas telah melanggar pasal 51 undang-undang UEFA.

BACA JUGA: Jelang Juventus vs AC Milan, Capello: Tim yang Kalah Takkan Raih Tiket Liga Champions

Dalam pasal tersebut, tertulis ‘tidak ada kombinasi atau aliansi antara klub yang berafiliasi secara langsung atau tidak langsung ke anggota UEFA yang berbeda dan kemudian membentuk (kompetisi) tanpa izin UEFA’.

Jika hukuman pada akhirnya diketuk UEFA kepada Real Madrid, Juventus, Barcelona dan AC Milan, berarti kita sebagai penikmat sepakbola tak bisa melihat aksi mereka di Liga Champions atau Liga Eropa dalam dua musim ke depan.

Juventus

(Juventus bisa dihukum UEFA)

Real Madrid dan Barcelona sudah dinyatakan lolos ke Fase Grup Liga Champions 2021-2022 karena finis empat besar di Liga Spanyol 2020-2021. Sementara Juventus dan AC Milan masih berjuang merebut tempat di Liga Champions 2021-2022.

Namun, jika pun terpental, Juventus dan AC Milan masih bisa tampil di Liga Eropa, dengan catatan mereka tidak dikenai hukuman oleh UEFA. Sejauh ini, belum diketahui secara pasti kapan UEFA mengumumkan jenis hukuman kepada empat klub di atas.

Diyakini, hukuman akan diberikan sebelum Agustus 2021. Sebab, medio akhir Juli 2021 sejumlah kualifikasi Liga Champions dan Liga Eropa 2021-2022 sudah berlangsung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini