Format Liga 1 2021 Masih Abu-Abu, Pelatih Persib Bandung Angkat Suara

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Minggu 02 Mei 2021 08:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 02 49 2404175 format-liga-1-2021-masih-abu-abu-pelatih-persib-bandung-angkat-suara-yOKoWtUoIT.jpg Robert Rene Alberts saat memberi arahan kepada pemain-pemain Persib Bandung. (Foto: Twitter/@persib)

BANDUNG – Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, angkat bicara. Hal itu soal format kompetisi Liga 1 2021 yang masih abu-abu alias tidak jelas hingga kini.

Pria asal Belanda itu memandang ada dua isu besar yang ada saat ini. Pertama adalah soal izin kompetisi dari kepolisian. Ia berharap segera ada lampu hijau dari Polri.

Robert Rene Alberts

(Pelatih Persib, Robert Alberts. Foto: Persib.co.id)

"Ada dua isu besar di sini. Yang pertama adalah izin. Kami diberi tahu selama turnamen (Piala Menpora 2021) bahwa liga akan digelar, tapi izin belum diberikan sampai sekarang," ujar Robert.

Isu besar kedua adalah soal bagaimana format liga yang bakal diterapkan. Dua opsi yang memungkinkan adalah menggelar kompetisi dengan sistem home and away atau seperti turnamen yang hanya digelar di beberapa tempat.

Format apa yang lebih dipilih Robert? Ia menyerahkan sepenuhnya pada pihak-pihak terkait. Sebab, ada berbagai hal yang perlu dipikirkan dengan matang.

BACA JUGA: Persib Bandung Datangkan Pemain Tim Nasional untuk Gantikan Farshad Noor, Siapa Dia?

"Evaluasi usai turnamen ini sekarang adalah (menentukan) format terbaik untuk sepak bola di Indonesia," jelas Robert.

Ia memandang liga perlu digelar secepatnya. Sebab, semakin lama kompetisi tertunda, maka akan berdampak buruk pada perkembangan sepakbola Indonesia.

Persib Bandung

(Persib vs Persija di final Piala Menpora 2021. Foto: PT LIB)

"Jangan lupakan, jika tidak memulai liga sekarang, maka sepakbola Indonesia semakin tertinggal dari negara lain dan itu tentu tidak bagus untuk tim nasional," tuturnya.

"Jadi, kami harus memulai liga. Negara lain bahkan sudah bisa disaksikan oleh penonton lagi sekarang," lanjut Robert.

Persib Bandung tampil cukup baik di Piala Menpora 2021. Mereka lolos ke final, namun sayang kalah agregat 1-4 dari Persija Jakarta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini